bdadinfo.com

Pembangunan terus Dikebut! Bandara VVIP IKN Bakal Tonjolkan Unsur Budaya dan Alam melalui Konsep Ini - News

Pembangunan terus dikebut! Bandara VVIP IKN bakal tonjolkan unsur budaya dan alam ( PIXABAY/TobiasRehbein)

- Pembangunan infrastruktur di sekitar wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) oleh pemerintah masih terus dilakukan hingga saat ini.

Salah satu proyek besar yang digarapnya adalah pembangunan Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bandara VVIP IKN ini berjarak sekitar 23 kilometer dari Titik Nol IKN atau sekitar 18 menit dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca Juga: Warga Sumbar Beri Kontribusi Total Demi Penyelesaian Jalan Tol Padang – Sicincin, Mantap Fungsional Juli 2024: Sudah Berapa Persen Progresnya? 

Pada proses pembangunannya, diketahui Bandara VVIP IKN akan tetap menjaga unsur alam sekitar konservasi, seperti halnya mempertahankan hutan yang sudah ada, serta meminimalisir penebangan pohon disekitarnya.

Adapun untuk desain terminal Bandara VVIP sendiri turut menghadirkan unsur modern, kearifan lokal, dan yang pastinya ramah lingkungan.

Di samping itu, kentalnya budaya pun juga terlihat dari sisi arsitektur terminal Bandara VVIP IKN, yaitu dengan menonjolkan budaya Kalimantan, namun tetap modern.

Bangunan terminal bandara ini dibangun senatural mungkin, di mana dilakukan adaptasi dari alam sekitar, yakni dengan mengaplikasikan konsep green building.

Baca Juga: Ampun! Bos Besar HK Datang ke Sumatera Barat dan Bongkar Alasan Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin sampai Tahun 2024 Belum Selesai Konstruksinya

Bentuk bangunan terminal yang dibangun rupanya menyerupai rumah panjang khas Kalimantan dengan atap terbuka, sehingga bangunan seperti ini membuat udara dan angin dapat lebih masuk dengan mudah.

Penerapan green building sangatlah praktis, pasalnya konsep ini akan memaksimalkan Sumber Daya Alam yang ada dan tidak berlebihan dalam menggunakan bahan-bahan bangunan.

Bangunan terminal bandara dengan konsep green building juga akan lebih menghemat energi dibandingkan terminal bandara yang memiliki bangunan pada umumnya.

Dengan mempertahankan eksistensi alam melalui konsep-konsep tersebut, tentunya ini akan selaras dengan visi IKN, yaitu dengan konsep green city-nya.

Baca Juga: Mega Proyek Tol Getaci! 9 Desa dan 1 Kecamatan di Pangandaran Terimbas, Inilah Daftar Desa yang Akan Tersayat oleh Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Sebagai informasi, Bandara IKN memiliki luas area 347 hektar dan dilengkapi dengan ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 meter persegi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat