bdadinfo.com

Batam Geser Singapura dan Malaysia! Punya Pelabuhan Super Megahnya Jadi Primadona Kapal-Kapal Raksasa Dunia Bersandar di Pulau Batam - News

Pelabuhan Batu Ampar akan menjadi landasan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Batam, dan meningkatkan peran Indonesia dalam peta perdagangan global.

- Batu Ampar, yang terletak di Pulau Batam, Indonesia, telah menjadi pusat perhatian dalam dunia perdagangan internasional.

Pelabuhan ini memiliki letak geografis yang sangat menguntungkan bagi dunia pelayaran barang dan jasa.

Terletak di sebelah selatan Singapura, Batam jadi salah satu pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, dan Pelabuhan Batu Ampar adalah salah satu dari pelabuhan utama yang memainkan peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Letak geografis Batam yang dekat dengan Selat Malaka memberikan keunggulan yang signifikan dalam perdagangan internasional.

Baca Juga: Pj Wako Roberia: CUCA Agen Perubahan Generasi Muda untuk Wujudkan Kemajuan Kota Pariaman

Selat Malaka adalah jalur pelayaran utama yang menghubungkan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, membuatnya menjadi jalur perdagangan paling sibuk di dunia.

Karena letaknya yang strategis, Pelabuhan Batu Ampar kemudian mewujud menjadi gerbang masuk utama ke Indonesia dan Asia Tenggara.

Pemerintah Indonesia, dengan dukungan Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menggagas rencana untuk mengembangkan Pelabuhan Batu Ampar menjadi salah satu pelabuhan terkemuka.

Rencana ini mencakup perluasan infrastruktur pelabuhan, peningkatan kapasitas, dan pengembangan fasilitas logistik modern.

Baca Juga: Final Liga Europa 2023 - 2024, Xabi Alonso Yakin Bisa Menyempurnakan Gelar Treble Dengan Mengalahkan Atalanta di Dublin.

Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi dan daya saing pelabuhan, sehingga dapat menarik lebih banyak investasi dan meningkatkan perdagangan internasional.

Pengembangan itu pun dimulai dari hadirnya Gerbang Masuk Terminal Batu Ampar yang terintegrasi dengan Auto Gate System, yang merupakan bagian dari Batam Logistic Ecosystem (BLE).

Auto Gate System sendiri merupakan fasilitas pelabuhan yang menggunakan sistem otomasi sehingga pengguna jasa yang akan masuk dan keluar dari area pelabuhan akan terekam secara otomatis di sistem tanpa perlu mengantre.

Baca Juga: Kabupaten Pangandaran Hujan Uang! Inilah Peta 9 Desa dan 1 Kecamatan Dieksekusi Proyek Tol Getaci Siap Diratakan dengan Tanah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat