bdadinfo.com

Batam Menuju Era Baru! Bangun Transportasi LRT Super Modern Dukung Mobilitas Masyarakat dan Serta Memperlancar Konektivitas Kawasan Industri - News

Batam adalah salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Riau dan merupakan sebuah pulau di antara 329 pulau yang terletak antara Selat Malaka dan Singapura yang secara keseluruhan membentuk wilayah Batam.

- Negara maju memiliki transportasi publik yang efisien dan dapat diandalkan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat perkotaan.

Seperti Batam Menuju Era Baru! Bangun Transportasi LRT Super Modern Dukung Mobilitas Masyarakat dan Serta Memperlancar Konektivitas Kawasan Industri.

Lebih lagi bagi daerah seperti Kota Batam yang jumlah populasinya terus bertambah dengan urbanisasi yang pesat, tantangan mobilitas jadi semakin kompleks.

Baca Juga: Sudah Lihat Lokasi Pembangunan Jembatan Terpanjang Se-Indonesia di Riau, China Bilang Oke dan Siap Eksekusi Proyeknya: Mulai Tahun 2024?

Oleh karena itu, Badan Pengusahaan (BP) Batam kini tengah mencanangkan perbaikan tranportasi publik di Kota Batam dengan berupaya menghadirkan Light Rapid Transit (LRT).

Hal yang dilakukan guna meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas masyarakat, serta memperlancar konektivitas kawasan industri.

Proyek LRT ini dihadirkan dengan tujuan meningkatkan konektivitas di Batam, dan memfasilitasi transportasi dari kawasan industri menuju pelabuhan maupun bandara.

Baca Juga: Asesmen Bab 2 dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 3 Halaman 99-101 Kurikulum Merdeka: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan

Untuk itu, fase pengembangan pertamanya pun dilakukan dimulai dari Sei Jodoh atau Batu Ampar menuju Bandara Internasional Hang Nadim.

Dengan rute sepanjang 11 kilometer, proyek ini diperkirakan dimulai pada pertengahan 2024 dan ditargetkan selesai pada 2025.

Setelah itu, proyek LRT ini akan dilanjutkan pada fase layanan publik yang dibangun secara bertahap.

Baca Juga: Kurangi Emisi Karbon, PLN Sabet Penghargaan Best Impact in Environment of The Year

Dimulai dari fase layanan publik 2 dengan tujuan Sekupang-Nagoya. Lalu fase layanan publik 3 tujuan Marina-Batam Center.

Kemudian fase layanan publik fase 4 dengan tujuan Telaga Punggur-Bandara Hang Nadim.

Proyek LRT ini dihadirkan dengan mempertimbangkan populasi Kota Batam yang kini telah melonjak menjadi 1,24 juta orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat