bdadinfo.com

Pamer! Sumatera Utara Punya Pulau Harta Karun Menyimpan Berton-ton Emas Murni Berkelas Dunia, Bikin Pemburu Harta Karun Mancanegara Matanya Melotot - News

Kandungan emas yang ada di Martabe dapat digolongkan sebagai deposit emas yang cukup tinggi. Tak hanya emas, di sana juga ditemukan perak dan tembaga. Serta terdapat enam deposit mineral emas yang telah terdefinisikan.

 - Siapa sangka provinsis Sumatera Utara Punya Pulau Harta Karun Menyimpan Berton-ton Emas Murni Berkelas Dunia Bikin Pemburu Harta Karun Mancanegara Matanya Melotot.

Diketahui, Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada di bagian utara Pulau Sumatra. Provinsi ini beribu kota di Kota Medan, dengan luas wilayah 72.981,23 km2.

Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, dan terbanyak di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Isu Keretakan Rumah Tangga di Ujung Tanduk? Begini Fakta Rumah Tangga Ruben Onsu dan Sarwendah

Sumatera Utara kaya akan sumber daya alam berupa gas alam di daerah Tandam, Binjai dan minyak bumi di Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat yang telah dieksplorasi sejak zaman Hindia Belanda.

Selain itu di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara juga terdapat PT Inalum yang bergerak di bidang penambangan bijih dan peleburan aluminium yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

Sungai-sungai yang berhulu di pegunungan sekitar Danau Toba juga merupakan sumber daya alam yang cukup berpotensi untuk dieksploitasi menjadi sumber daya pembangkit listrik tenaga air.

Baca Juga: UKT Melambung Tinggi, Mahasiswa Tersudut, Apa Langkah Selanjutnya?

PLTA Asahan yang merupakan PLTA terbesar di Sumatra terdapat di Kabupaten Toba Samosir.

Di kawasan pegunungan terdapat banyak sekali titik-titik panas geotermal yang sangat berpotensi dikembangkan sebagai sumber energi panas maupun uap yang selanjutnya dapat ditransformasikan menjadi energi listrik.

Ada tiga perusahaan tambang terkemuka di Sumatera Utara:

Baca Juga: Disebut Jadi Event Unggulan, BNI Java Jazz Festival 2024 Bisa Perkuat Ekonomi Kreatif sebagai Daya Tarik Wisata! Ini Tanggapan Menparekraf

-Agincourt Resources Martabe
-Sorikmas Mining (SMM)
-Dairi Prima Mineral (DPM)

Keberadaan lokasi ini ditemukan memiliki kandungan emas sejak 2008 dengan dimulainya konstruksi pertambangan emas di sana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat