bdadinfo.com

Membara! Deretan Kabupaten di Sulawesi Tengah ini Simpan Harta Karun Batu Bara Terbanyak, Sumber Daya dan Cadangan Melimpah hingga Miliaran Ton - News

Ini Kabupaten di Sulawesi Tengah yang Simpan Harta Karun Batu Bara (Freepik)

- Indonesia Mining Association (IMA) mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya dan cadangan batu bara yang sangat melimpah, dengan total mencapai 134,24 miliar ton.

Jika digunakan secara domestik dengan asumsi konsumsi 250 juta ton per tahun, cadangan ini bisa bertahan hingga 500 tahun.

Salah satu daerah yang menyimpan harta karun batu bara tersebut adalah Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Dirut Semen Padang Kunjungi Lokasi Banjir Bandang, Bupati: Bantu Kami Bangkit

Sulawesi Tengah memiliki potensi batu bara yang tersebar di beberapa kabupaten, menjadikannya salah satu daerah penghasil batu bara penting di Indonesia.

Berikut adalah kabupaten-kabupaten di Sulawesi Tengah dengan potensi batu bara yang melimpah:

1. Kabupaten Sigi

Di Kabupaten Sigi, khususnya di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, terdapat potensi batu bara jenis "Brown coal" dengan ketebalan lebih dari 100 meter, tersebar di areal seluas 800 hektare.

Baca Juga: Provinsi Riau Menuju Kehancuran! Lokasi Harta Karun Emas Berlimpah Jadi Malapetaka di Nagari Bumi Lancang Kuning Berpotensi Melahirkan Generasi Cacat

Analisis laboratorium dari PT Sucofindo menunjukkan bahwa daerah ini memiliki cadangan batu bara yang signifikan.

2. Kabupaten Morowali

Di Desa Tomata, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali, terdapat lapisan batu bara dengan ketebalan antara 0,3 hingga 1,0 meter.

Lapisan ini terletak di tanah gambut dan lignit, serta memiliki potensi "Brown coal" yang cukup besar.

3. Kabupaten Donggala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat