bdadinfo.com

Carut Marut Proyek Payung Elektrik Masjid An Nur Rp42,93 Miliar Dikorupsi? Putra Mantan Gubernur Riau Syamsuar Disebut-sebut Terima Suap Rp2,5 miliar - News

  - Kebudayaan Indonesia merupakan perpaduan berbagai akar kultur, termasuk budaya Melayu yang hidup di beberapa wilayah Pulau Sumatra. Salah satu kawasan yang kental dengan budaya Melayu ini adalah Provinsi Riau.

Masjid Agung An nur Pekanbaru Riau sebagai akar budaya Melayu termasuk salah satu di dunia yang terkenal dekat dengan ajaran islam.

Oleh karenanya, memiliki sebuah Masjid Agung An nur Pekanbaru Ria yang dapat menjadi simbol kebesaran dan religiusitas budaya Melayu sekaligus Provinsi Riau adalah hal yang penting, utuk itulah Masjid Agung An nur Pekanbaru Ria dibangun.

Baca Juga: Riau Jadi Anak Emas Jokowi Pantes Paling Sering Gunting Pita Proyek Jalan Tol, Sementara Jalan Tol di Sumbar Seperti Anak Tiri Tak Kelar-kelar!

Masjid Agung An nur Pekanbaru Ria, Masjid yang terketak di ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru tersebut saat ini merupakan salah satu yang termegah di Indonesia.

Tak pelak, Masjid Agung An nur Pekanbaru Ria yang berada di jantung kota ini pun berkembang menjadi ikon dan landmark Provinsi Riau.

Ditilik dari sisi bangunannya, masjid banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Arab, Turki, dan India.

Bahkan, tampak luar bangunan yang dilengkapi dengan halaman luas, taman, dan kolam ini mengingatkan pada kemegahan Taj Mahal di India.

Baca Juga: Telkomsel Nonton Bareng Serentak di 13 Kota, Apresiasi bagi Pelanggan Setia Telkomsel Prestige

Ciri khas arsitektur Arab dapat dilihat dari bentuk kubahnya. Namun, bentuk ini dikombinasikan dengan pewarnaan dan pemberian aksen hias yang sangat khas Melayu, seperti pada bagian bawah kubah yang bermotif layaknya kain hias dengan lapisan warna emas pada songket melayu.

Gaya Turki dapat dilihat pada penggunaan menara di keempat sudut bangunan yang menjulang tinggi.

Sekilas tampaknya menara-menara tersebut terpisah dari bangunan utama, tetapi jika diperhatikan saksama merupakan satu kesatuan bangunan karena dihubungkan oleh selasar di sayap kanan dan kiri bangunan utama.

masjid agung annurDetail bagian dalam masjid juga memperlihatkan komposisi antara budaya Melayu dan Arab.

Baca Juga: Diburu Sampai Riau, Jatanras Sat Reskrim Polres Agam Tangkap Pelaku Asusila terhadap Anak di Bawah Umur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat