bdadinfo.com

Bekasi Pecah! Mentang-mentang Punya Kawasan Iindustri Terbesar Se-Asia Tenggara, 13 Kecamatan Bersekongkol Naik Tahta Bentuk Kabupaten Baru - News

Kabupaten Bekasi Utara berencana akan dihuni oleh penduduk sebanyak 1.867.649 jiwa dengan luas wilayahnya yang mencapai 718 kilometer persegi. Selain itu, terdapat 13 kecamatan yang dikabarkan akan bergabung dan menjadi bagian dari Kabupaten Bekasi Utara.

- Kabupaten Bekasi adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kecamatan Cikarang Pusat.

Kabupaten Bekasi ini berada tepat di sebelah timur Jakarta, berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta di barat, Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Karawang di timur, serta Kabupaten Bogor di selatan.

Kabupaten Bekasi terdiri atas 23 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Suku aslinya yaitu Suku Sunda.

Baca Juga: Kado Istimewa dari Jokowi untuk Kalimantan Timur Siap Mengudara! Bandar Udara VVIP Naratetama IKN Super Megah Beroperasi 1 Agustus 2024

Penelusuran Poerbatjaraka (seorang ahli bahasa Sanskerta dan bahasa Jawa Kuno), kata “Bekasi” secara filologis berasal dari kata Candrabhaga; Candra berarti bulan (“sasi” dalam bahasa Jawa Kuno) dan Bhaga berarti bagian. Jadi Candrabhaga berarti bagian dari bulan.

Pelafalan kata Candrabhaga kadang berubah menjadi Sasibhaga atau Bhagasasi. Dalam pengucapannya sering disingkat Bhagasi, dan karena pengaruh bahasa Belanda sering ditulis Bacassie (di Stasiun Lemahabang pernah ditemukan plang nama Bacassie). Kata Bacassie kemudian berubah menjadi Bekasi sampai dengan sekarang.

Kabupaten Bekasi, salah satu wilayah yang terletak di Jawa Barat dan menjadi kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

Bahkan Kabupaten Bekasi memiliki jumlah penduduk yang mencapai 3 juta jiwa. Kini sebagian dari penduduk tersebut akan memisahkan diri dan bentuk kabupaten baru.

Dengan begitu, jika wacana pemekaran tersebut terealisasi makan Kabupaten Bekasi akan kehilangan sebagian wilayah, kecamatan, hingga penduduknya.

Adapun pemekaran kerap dilakukan oleh sejumlah wilayah terutama di Jawa Barat guna mencapainya pemerataan pembangunan.

Dengan dilakukannya pemekaran pada suatu wilayah diharapkan dapat berdampak bagi masyarakat sekitarnya menjadi sejahtera.

Mengingat pelayanan publik seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, dan yang lainnya dapat tercapai lebih cepat.

Oleh karena itu, mengingat Jawa Barat dengan jumlah penduduk mencapai 50 juta dan terdiri dari 27 wilayah dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sehingga sebagian wilayah di Jawa Barat kerap mengusulkan untuk melakukan pemekaran.

Setelah kabar pembentukan dari 9 kabupaten/kota, ternyata Kabupaten Bekasi menyusul dan dikabarkan akan melakukan pemekaran dengan membentuk wilayah baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat