bdadinfo.com

Gila! Provinsi di Sumatera ini Jadi Paling Banyak Punya Jalan Tol Rangkaian JTTS, Sudah Ada 15 Tapi Masih Nambah Lagi: Sumbar sampai Nggak Kebagian - News

Provinsi Sumatera Utara menjadi daerah dengan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terbanyak dari seluruh provinsi yang ada di Pulau Sumatera. (Dok: Hutama Karya)

- Pembangunan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus berlangsung di sejumlah daerah.

Diketahui beberapa daerah masih terus melangsungkan sejumlah proyek pembangunan jalan tol dan ditargetkan rampung dalam waktu dekat.

Salah satu daerah di Pulau Sumatera ini diketahui menjadi provinsi yang paling banyak memiliki jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Ketagihan! Dulu 1 Jam Perjalanan Kini Cuma 15 Menit, Bengkulu Siap Lanjutkan Proyek Jalan Tolnya sampai Daerah Tetangga di Tahun 2025?

Provinsi tersebut adalah Sumatera Utara yang hingga Juni tahun 2024 ini telah memiliki belasan jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Bahkan, jumlahnya ini masih sangat mungkin untuk bertambah lagi ke depannya mengingat besarnya potensi Provinsi Sumatera Selatan.

Jumlah ini terlihat sangat kontras apabila coba dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Sumatera yang jumlah jalan tolnya masih sangat sedikit, salah satu diantaranya adalah Sumatera Barat.

Baca Juga: PUPR Turun Gunung! Gandeng Riau untuk Bantu Sumatera Barat Rampungkan Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang Sudah Macet 7 Tahun: Gaspol di Agustus 2024?

Adapun berikut adalah deretan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

  1. Jalan Tol Belawan Medan Tanjung Morawa

Jalan Tol Belawan Medan Tanjung Morawa atau yang disingkat Jalan Tol Belmera memiliki panjang 34 KM dan menjadi jalan tol pertama di Sumatera yang sudah beroperasi sejak tahun 1986.

Jalan tol ini berada di wilayah Sumatera Utara dan menjadi akses penghubung konektivitas kendaraan mulai dari pelabuhan Belawan ke Medan hingga Tanjung Morawa.

Baca Juga: Secepat Kilat! Proyek Jalan Tol Terbaru Provinsi Sumatera Selatan ini Pembebasan Lahannya Sudah 84 Persen, Siap Koneksikan 4 Tol Sumsel di Tahun 2025

  1. Jalan Tol Medan Kualanamu Tebing Tinggi 

Jalan Tol Medan Kualanamu Tebing Tinggi atau sering dikenal dengan Jalan Tol MKTT adalah jalan tol yang menghubungkan Medan, Tebing Tinggi serta Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Jalan tol sepanjang 61,80 km ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera dan terhubung dengan Jalan Tol Belmera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat