bdadinfo.com

Diam-Diam Menghanyutkan, 4 Pabrik Raksasa Milik Indonesia Bikin RI Disegani Sekaligus Jadi Kiblat Industri di Dunia - News

Ilustrasi - 4 Pabrik Raksasa Milik Indonesia

- Indonesia telah mencatatkan prestasi yang mengesankan dan luar biasa dengan kahadiran empat pabrik raksasa yang menjadi pusat perhatian dunia.

Dilansir dari Channel Youtube POINT 45, pada 23 Juni 2024, proyek-proyek ini tersebar di beberapa wilayah Indonesia, hal ini menandai kemajuan dalam pemanfaatan sumber daya alam sekaligus menegaskan posisi Indonesia sebagai pemimpin global dalam bidang industri strategis.

1. Pabrik Nikel Halmahera, Maluku Utara

Tepatnya di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, berdiri Pabrik Nikel Sulfat yang terbesar di dunia dan memiliki kapasitas produksi 240.000 ton per tahun.

Baca Juga: Untuk Kejayaan Kota Padang

Proyek ini adalah bagiand dari program hilirisasi dan berhasil meresmikan operasionalnya dengan ekspor perdana capai 5.584 ton nikel sulfat sehingga membuka jalan untuk pengolahan bahan baku utama yaitu baterai kendaraan listrik.

2. Industri Baterai Batang, Jawa Tengah

Investasi sebesar 9,8 miliar dolar Amerika Serikat dilakukan oleh Konsorsium LG Energy Solution dari Korea Selatan, untuk membangun kompleks industri baterai terintegrasi pertama di dunia dan ada di Kawasan Industri Terpadu Batang.

Proyek ini mencakup seluruh rantai pasokan, dari penambangan nikel sampai produksi baterai kendaraan listrik. Diharapkan mampu mendukung produksi baterai sekunder global dalam 20 tahun kedepan.

Baca Juga: Mengenang Pelajaran dari Tanri Abeng, Mantan Menteri BUMN yang Meninggal Dunia Hari Ini

3. Pabrik Foil Tembaga Gresik, Jawa Timur

Pabrik ini mempunyai investasi dari perusahaan Cina yaitu PT Hailiang Nova Material Indonesia dan menjadi yang pertama sekaligus terbesar di Asia Tenggara.

Pabrik ini mendukung industri kendaraan listrik dengan menghasilkan komponen yang penting seperti foil tembaga untuk baterai litium, dan juga komitmen dalam membangun infrastruktur untuk tenologi masa depan.

4. Pabrik Tembaga Gresik, Jawa Timur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat