bdadinfo.com

Kominfo Dorong Transformasi Digital, Jadikan Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Terbesar se-Asia Tenggara - News

Kominfo Dorong Transformasi Digital, Jadikan Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Terbesar se-Asia Tenggara (https://pixabay.com/id)

 – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akan mengakselerasi transformasi digital untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Dikutip dari kominfo.go.id, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia bisa menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara melalui transformasi digital.

Kominfo berencana untuk mendorong transformasi digital ke arah yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Hal ini sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga: Dugaan Kebocoran 34 Juta Data Paspor Indonesia ulah Hacker Bjorka, Kominfo Lakukan Penelusuran Mendalam

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba menjelaskan transformasi digital yang inklusif tidak sebatas ketersediaan akses infrastruktur digital.

Namun, juga meliputi keterampilan dan kompetensi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital.

Ia menekankan agar infrastruktur dan akses ke ruang digital tersebar secara aman dan merata.

Baca Juga: Menyoal Data Pribadi Paspor 34 Juta Bocor, Kementerian Kominfo Imbau Platform Digital Tingkatkan Keamanan

“Jadi tidak saja dalam konteks parsial di perkotaan dan perdesaan, atau 3T dan non-3T, tetapi memastikan bahwa seluruh lapisan masyarakat termasuk kelompok rentan seperti anak-anak dan perempuan dapat mengakses infrastruktur dan ruang digital secara merata dan aman,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Mira saat Focus Group Discussion Strategi Hilirisasi Ekonomi Digital di Jakarta Pusat pada Rabu, 5 Juli 2023.

Kemudian, ia mengimbau supaya masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif.

“Adapun transformasi digital yang berkelanjutan artinya masyarakat mampu merasakan manfaat teknologi digital secara continue dan dapat mendukung pemenuhan agenda SDGs 2030,” ucapnya.

Menurutnya, transformasi digital tersebut perlu diterapkan pada area utama infrastruktur digital, ekonomi digital, pemerintahan digital, dan masyarakat digital.

Mira mengatakan area tersebut merupakan sektor strategis yang berkesinambungan dan saling berpengaruh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat