bdadinfo.com

Sejarah Pemekaran Provinsi Lampung 2023: Awalnya 3 Kabupaten, Kini Menjadi 15 Kabupaten - News

Sejarah Pemekaran Provinsi Lampung 2023: Awalnya 3 Kabupaten, Kini Menjadi 15 Kabupaten

HARIANHALUAN - Terdapat sejarah pemekaran provinsi Lampung 2023 di mana Lampung adalah sebuah provinsi di bagian ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia.

Ibu kota dan pusat pemerintahannya berada di Kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki dua kota, yaitu Bandar Lampung dan Metro, serta 15 kabupaten.

Posisi provinsi Lampung secara geografis di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur dengan Laut Jawa.

Baca Juga: Solok Selatan Siap Jadi Sirip Jalan Tol Pekanbaru Rengat, Ini Buktinya

Sementara di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan dan Bengkulu, serta di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Provinsi Lampung memiliki pelabuhan utama bernama Pelabuhan Internasional Panjang dan Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni, bandar udara utama yakni Bandara Internasional Radin Inten II terletak 28 km dari ibu kota provinsi.

Serta stasiun kereta api besar Tanjung Karang yang terletak di pusat ibu kota provinsi.

Baca Juga: Bukan Beton, Ruas Tol Trans Sumatera Gunakan Teknologi Geofoam dengan Material Busa

Pada 2020, penduduk provinsi Lampung berjumlah 9.007.848 jiwa, dengan kepadatan 268 jiwa/km2, dan tahun 2022, jumlah penduduk Lampung sebanyak 9.176.546 jiwa

Provinsi Lampung memiliki wilayah seluas 35.288,35 km2.[14] Wilayahnya terletak di antara 105°45'-103°48' BT dan 3°45'-6°45' LS.

Daerah ini berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan dan Bengkulu, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Baca Juga: 10 Fauna Asli Pulau Sumatra yang Sudah Mulai Terancam Punah, Salah satunya adalah Kucing Kepala Datar

Beberapa pulau termasuk dalam wilayah Provinsi Lampung, yang sebagian besar terletak di Teluk Lampung.

Adapun, di antaranya: Pulau Darot, Pulau Legundi, Pulau Tegal, Pulau Sebuku, Pulau Kelagian, Pulau Sebesi, Pulau Pahawang, Pulau Krakatau, Pulau Putus dan Pulau Tabuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat