bdadinfo.com

Menjelajahi Indahnya Sumbar dengan KA Lembah Anai dan Bisa Transit ke Padang Pariaman: Ini Jadwal Lengkapnya! - News

Kereta Lembah Anai di Stasiun Kayu Tanam. (Tangkapan Layar YouTube Imotorium Vlog.)

– Divisi Regional II Padang adalah daerah operasi yang menyelenggarakan operasional layanan kereta api di wilayah Sumatera Barat.

Di Divisi Regional atau disingkat menjadi Divre ini terdapat beberapa rute kereta api yang menyambungkan beberapa wilayah ke dan dari kota Padang.

Nama rute di Divre II Padang adalah Pariaman Ekspres, Minangkabau Ekspres, Lembah Anai, dan kereta wisata Mak Itam. Ada juga kereta barang Karang Putiah yang mengangkut semen.

Baca Juga: Difasilitasi Pemko Padang Panjang, DPC PPDI Hadiri Kegiatan Temu Inklusi di Situbondo

Kereta Lembah Anai adalah rute kereta yang menyambungkan Kayu Tanam dan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) via Stasiun Duku.

Dari stasiun Duku, penumpang dari KA Lembah Anai bisa transit jika ingin menuju ke Padang atau Padang Pariaman dengan KA Minangkabau Ekspres atau KA Pariaman Ekspres.

Kereta dengan rute ini cukup menarik. Dari stasiun terminusnya, Kayu Tanam atau pun BIM, kereta akan berhenti di stasiun Duku lalu putar arah dan pindah jalur.

Baca Juga: Cara Mudah Bikin Kalender Agustus 2023 dengan Do It Yourself Bisa untuk Hadiah Menarik

Hal ini karena Stasiun berada di persimpangan jalur yang mengarah ke Lembah Anai dan BIM dari arah kota Padang.

Selain itu, rute KA Lembah Anai juga dilayani oleh armada kereta railbus yang terdiri rangkaian tiga kereta yang merupakan produk dari PT INKA.

Uniknya, armada railbus ini adalah satu-satunya yang beroperasi di Divre Sumatera Barat selain KA Kertalaya di Sumatera Selatan dan KRDE di KA Minangkabau Ekspres dan Kereta Bandara Kualanamu di Medan.

Baca Juga: Bagikan PMT, Ny Genny Hendri Septa Pimpin YJI Padang Meriahkan Gebyar Kampung KB Mantap di Kampung Lapai

Rute ini berdurasi sekitar 60 menit hingga 80 menit (1 jam 20 menit) dari Kayu Tanam sampai ke BIM atau sebaliknya dan berjalan tiga kali sehari PP.

Selama perjalanan, penumpang akan dimanjakan pemandangan dari indahnya ranah Minang yang asri dari Kayu Tanam lalu menuju perkotaan dan sampai ke Bandara kebanggaan Sumatera Barat.

Harga tiketnya pun terjangkau yaitu Rp5.000 untuk full trip dan Rp3.000 untuk setengah perjalanan sampai stasiun Duku saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat