bdadinfo.com

6 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat yang Berasal dari Singkatan, Nomor 5 Artinya Rawa-rawa - News

6 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat yang Berasal dari Singkatan, Nomor. 5 Artinya Rawa-rawa

- Berdasarkan data BPS, Sumatera Barat memiliki luas 42 2012,89 km2 yang terdiri dari 7 kota dan 12 Kabupaten dari jumlah daerah tersebut.

Kali ini redaksi akan dibahas 6 kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang berasal dari singkatan salah satunya Kota Pariaman.

Apa kepanjangan dan arti dari kota Pariaman serta beberapa nama kota dan kabupaten lainnya di provinsi Sumatera Barat? Simak di sini. 

Baca Juga: Semen Padang FC Rekrut Pemain Belakang Korea Selatan, Tingginya Hampir 2 Meter!

Inilah 6 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat yang Berasal dari Singkatan yang dilansir dari youtube Kanal Kampung sebagai berikut:

1. Kabupaten Dharmasraya

Salah satu nama kabupaten di Sumatera Barat yaitu Dharmasraya asal-usul nama kabupaten Dharmasraya ini diambil dari manuskrip di prasasti Padangrojo dalam prasasti tersebut.

Dharmasraya disebut sebagai ibukota Kerajaan Melayu yang berdiri di abad 13 sampai 14 kerajaan tersebut berdiri setelah Kerajaan Sriwijaya.

Baca Juga: Adu Cepat Tol Trans Sumatera vs Jalan Nasional, dari Waktu Tempuh sampai Rincian Biaya

Runtuh nama Dharmasraya berasal dari singkatan kata Dharma dan asraya arti dari Dharma yaitu hukum adat sopan santun kewibawaan kebiasaan keadilan keagama tata cara.

Atau tingkah laku yang ditentukan adat karakter watak kebijaksanaan kenyataan yang jelas sedangkan asraya artinya tempat bergantung pertolongan tempat duduk bantuan tempat perlindungan.

Maka jika digabungkan Dharmasraya artinya wilayah yang berdasarkan atau bergantungan pada aturan dan hukum.

Baca Juga: Wisata Murah di Padang, Sunset Pantai Puruih yang Memukau Wisatawan Domestik dan Mancanegara

2. Bukittinggi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat