bdadinfo.com

Wow! Berusia 37 Tahun, Tol Belmera Ini Jadi Lintas Tol Trans Sumatera Pertama - News

Tol Balmera yang menjadi tol Trans Sumatera pertama di Pulau Sumatera  (Pu.go.id)

Tol Belmera yang menghubungkan Belawan - Medan - Tanjung Morawa sudah berusia 37 tahun sejak beroperasi pada 1986.

Tol Belmera merupakan lintas tol trans Sumatera pertama yang mendukung mobilitas dan konektivitas di Pulau Sumatera.

Diketahui, sampai saat ini pemerintah terus mengupayakan penambahan ruas tol trans Sumatera hingga meraih target 2.818 KM.

Baca Juga: Cuma 30 Menit dari Singapura, Pulau Bintan Berpotensi jadi ‘Bali Baru’ dari Sumatera

Tol Belmera ini dipantau oleh CCTV selama 24 jam yang bisa diakses melalui situs resmi BPJT Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Secara real time dapat disaksikan pergerakan kendaraan dari berbagai ruas tol Belmera di Sumatera.

Pemanfaatan CCTV di tol Belmera terbagi menjadi empat wilayah, pertama di gerbang tol Tanjung Morawa, kedua di KM 18, ketiga di KM 25, dan keempat di KM 31.

Baca Juga: Mengintip Koleksi Museum Aceh, Ada Lonceng Peninggalan Abad ke-15

Selain memanfaatkan sistem keamanan CCTV selama 24 jam, tol Belmera ini juga dilengkapi dengan fasilitas kendaraan layanan jalan tol dan patroli kepolisian guna mendukung keamanan para pengendara.

Berdasarkan keterangan pada situs Jasa Marga, diketahui bahwa ruas tol Belmera dengan panjang 42,70 KM ini memiliki sejumlah armada layanan lalu lintas.

Tercatat sebanyak 2 buah ambulans, 3 mobil derek, 1 rescue, 2 mobil patroli jalan raya, 3 mobil customer service, dan 1 kendaraan kamtib.

Baca Juga: Anti Mainstream! Ini Jejak Keindahan Goa Ergendang, Wisata Bawah Tanah yang Jadi Tempat Mandi Para Putri Raja

Ada sebanyak tujuh gerbang tol di Belmera, dari paling Utara adalah Gerbang Tol Belawan dan paling akhir di Gerbang Tol Tanjung Morawa.

Sementara lainnya ada Gerbang Tol H. Anif, Gerbang Tol Bandar Selamat, Gerbang Tol Mabar,Gerbang Tol Tanjung Mulia, dan Gerbang Tol Amplas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat