bdadinfo.com

Durasi Pelatihan di Program Kartu Prakerja 2023 Jadi 15 Jam dalam Sehari? Ini Loh Faktanya - News

Durasi Pelatihan di Program Kartu Prakerja 2023 Jadi 15 Jam dalam Sehari? Ini Loh Faktanya (IG:Prakerja.go.id)

 – Program Kartu Prakerja 2023 kini mengalami beberapa perubahan. Selain bukan bersifat bansos lagi, durasi pelatihan yang wajib diikuti juga berbeda loh menjadi 15 jam. Kok bisa ya?

“Program Kartu Prakerja 2023 fokus pada pengembangan keterampilan angkatan kerja. Beasiswa pelatihan dinaikkan, sementara insentif diturunkan,” ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam dialog Kominfo Newsroom GPR TV, dikutip Sabtu 28 Januari 2023.

Maka dari itu, sesi pelatihan dalam Program Kartu Prakerja 2023 ini dibuat semaksimal mungkin agar ilmu yang diberikan dapat terserap dengan lebih optimal.

Baca Juga: Apa itu Kartu Prakerja? Siapa yang Bisa Menggunakannya? Simak Penjelasan Menko Perekonomian Airlangga Hartato

Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan standar minimal waktu pelatihan yang semula 6 jam menjadi 15 jam.

Namun, hal ini menuai pro kontra di masyarakat karena menganggap waktu pelatihan 15 jam setiap harinya terlalu lama dan tidak efektif.

“Males banget. Bukan masalah duit, tapi pelatihan jadi webinar 15 jam bukan video lagi ya? Berarti gak bisa skip. Tadinya yang 7 jam aja kadang skip dulu karena banyak banget pekerjaan sama matanya jadi pegel. Ini harus 15 jam nonstop? Salut banget sama usahanya yang mau bikin mata masyarakat pada bermasalah,” komen @nonksheny30 dalam Instagram @prakerja.go.id.

Baca Juga: Cara Daftar di Dashboard Prakerja serta Jadwal Pendaftaran Buat Dapat Rp4,2 Juta dari Prakerja Gelombang 48

Tenang dulu, ternyata fakta waktu pelatihan selama 15 jam bukan untuk satu hari loh, tetapi untuk keseluruhan pelatihan yang nanti akan kalian ambil.

Dalam satu hari, durasi maksimal pelatihan di Program Kartu Prakerja 2023 hanya akan memakan waktu 8 jam untuk luring atau offline. Sedangkan untuk daring atau online maksimal selama 3 jam saja.

Kalian bisa memilih akan mengikuti sesi pelatihan luring atau daring atau juga hybrid (bauran luring dan daring) karena kini opsi pelatihan bukan secara daring saja.

Namun, perlu diperhatikan untuk sesi pelatihan secara luring atau offline baru bisa diakses di 10 provinsi saja, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTT, Bali, Papua, Kalimantan Barat dan Sumatera Utara. Provinsi lainnya menyusul.

Sedangkan untuk sesi pelatihan secara daring atau online bisa diakses dari mana saja. Bentuknya juga bukan sekadar video, tetapi materi akan disajikan secara webinar. Jadi, kalian tidak akan bosan dan dapat lebih interaktif langsung dengan pemateri.

Dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id pada Sabtu, 28 Januari 2023, penetapan jumlah minimal waktu pelatihan selama 15 jam ini tentunya sudah melewati proses pengkajian agar para penerima Kartu Prakerja 2023 bisa mendapatkan kompetensi yang praktis, meningkatkan produktivitas, dan daya saing di dunia kerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat