bdadinfo.com

Ngeri! Ternyata ini Pihak yang Kuasai Tol Kapal Betung, Konsesinya Sampai 2066 Nanti: 50 Tahun Cuan Terus - News

Proses perbaikan atau maintenance Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan (Dok: BPJT Kementerian PUPR)

- Proyek pembangunan jalan tol merupakan salah satu proyek yang seksi dan memiliki efek berantai.

Selain memudahkan mobilitas masyarakat maupun logistik yang berakibat tumbuhnya ekonomi pada suatu daerah, pengelolaan jalan tol pun juga menjadi bisnis tersendiri.

Tidak terkecuali pada mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang membentang dari ujung Provinsi Lampung hingga ke Provinsi Aceh.

Baca Juga: 20 Tahun Baru Tersambung, Sumatera Selatan Mampu Hubungkan Palembang-Lubuklinggau: Dulu 9 Jam Kini Cuma 4 Jam!

Salah satu proyek jalan tol dalam rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera tersebut adalah Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan.

Jalan Tol Kapal Betung atau yang juga dikenal sebagai Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung merupakan jalan tol yang membentang sepanjang 111 km di Sumatera Selatan.

Diketahui, konsesi dari Jalan Tol Kapal Betung tersebut terus berlangsung hingga tahun 2066 mendatang.

Baca Juga: Pembebasan Lahan 100 Persen! Tol Bangkinang Pangkalan Siap Beroperasi Tahun 2024, Sumbar dan Riau Makin Erat

Jalan Tol Kapal betung sendiri hadir sejak tahun 2016. Proses pembangunannya dimulai di tahun tersebut hingga sebagian ruasnya rampung pada tahun 2020 lalu.

Ruas Jalan Tol Kapal Betung sepanjang 111,69 km ini memiliki konsesi selama 50 tahun dan sudah berjalan selama 7 (tujuh) tahun sejak tahun 2016. 

Dengan demikian, masa konsesi dari Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan saat ini tersisa 43 tahun lagi.

Baca Juga: Palembang-Jambi Sekarang Cuma 3 Jam via JTTS, Akhir Tahun 2023 Sudah Bisa Dilewati Masyarakat!

Dikutip dari laman resmi JDIH Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, konsesi pengusahaan jalan tol merupakan jangka waktu tertentu yang diberikan kepada Badan Usaha.

Jangka waktu tersebut diberikan untuk memenuhi pengembalian dana investasi dan keuntungan yang wajar bagi usaha jalan tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat