bdadinfo.com

Waduh! Menteri ATR/BPN Datang Langsung ke Sumatera Barat, Ternyata Karena Diberi Misi Khusus dari Jokowi - News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melantik Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI (Dok: TNI AU)

- Provinsi Sumatera Barat baru-baru ini baru saja dikunjungi oleh salah satu menteri dari kabinet  Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto bertandang ke Sumatera Barat pada Selasa, 10 Oktober 2023 lalu.

Kunjungan salah satu menteri Presiden Jokowi tersebut ke tanah Sumatera Barat guna menghadiri satu acara di Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Nginap 1 Hari di Sumatera Barat Selesaikan Tanah Ulayat, Tol Payakumbuh Pangkalan Jalan Terus?

Hadi Tjahjanto yang juga merupakan Marsekal (Purn) sekaligus Panglima TNI periode 2017 - 2021 tersebut menyampaikan, bahwa kedatangannya di Sumatera Barat untuk bertemu masyarakat.

Pertemuan tersebut ditujukan dalam rangka pemberian sertifikat hak pengelolaan tanah adat ulayat di Sumatera Barat.

Selain itu, kedatangan Hadi Tjahjanto ke Sumatera Barat juga untuk memenuhi janji kepada masyarakat setempat dalam hal penyelesaian tanah adat ulayat.

Baca Juga: Usai Dicoret Jokowi dari PSN, Bagaimana Nasib JTTS saat Ganti Presiden di Tahun 2024 Nanti?

Hadi Tjahjanto bertemu dengan ninik mamak yang tergabung dalam Lembaga Kerapatan Adat Alam minangkabau (LKAAM) dan menyerahkan Sertifikat Tanah Hak Pengelolaan (HPL).

Persoalan tanah adat ulayat di Sumatera Barat sendiri seringkali menyebabkan sejumlah polemik yang berkepanjangan.

Hal tersebut juga sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjadi mafia tanah.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Padang-Sicincin Terancam Cuma Jadi Pemanis Kalo Proyek Satu ini Gagal: Apesnya Sumatera Barat

Tidak jarang permasalahan tersebut membuat masyarakat mengalami kerugian atas tanah adat ulayat yang mereka hormati.

Terbaru, terdapat aksi penolakan di Sumatera Barat terkait tanah adat ulayat yang melibatkan proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat