bdadinfo.com

Bye-bye! Provinsi Kalimantan Barat Pecah Kongsi, Kapuas Raya dan Ketapang Bersiap-siap Ucapkan Selamat Tinggal Jadi Provinsi Baru? - News

Ada dua provinsi baru yang bernama Provinsi Kapuas Raya dan Provinsi Ketapang, atau lebih dikenal sebagai Provinsi Tanjungpura akan keluar dari Kalimantan Barat. Pembentukan Provinsi Baru Kapuas Raya yang membujuk 5 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat untuk bergabung ke provinsi baru tersebut.

 - Provinsi Kalimantan Barat dikabarkan akan pecah kongsi membagi diri menjadi dua provinsi baru yang bernama Provinsi Kapuas Raya dan Provinsi Ketapang, atau lebih dikenal sebagai Provinsi Tanjungpura

Diketahui, pembentukan Provinsi Baru Kapuas Raya yang membujuk 5 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat untuk bergabung ke provinsi baru tersebut.

Provinsi Baru Kapuas Raya ada 5 kabupaten yang akan bergabung yaitu Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau dan Melawi.

Baca Juga: Pecah! Penampilan Freya dan Christy JKT48 di Shopee Live Berlangsung Heboh dan Meriah

Terkait Provinsi Baru Kapuas Raya, Gubernur Kalimantan Barat dan pemerintah provinsi telah menunjukkan keseriusan mereka dalam mewujudkan Provinsi Kapuas Raya.

Memang, saat ini, rencana Provinsi Baru Kapuas Raya masih terhambat oleh moratorium yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.

Di mana pembentukan Provinsi Baru Kapuas Raya terbentur moratorium ini mempersulit langkah pembentukan provinsi baru karena pemekaran wilayah harus melewati proses panjang dan mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Wow! 7 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Dikucuri Dana Perbaikan Jalan Daerah Rp147 Miliar, Berikut Fakta-faktanya

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bahkan telah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu dalam menyediakan anggaran yang diperlukan untuk persiapan pembentukan Provinsi Kapuas Raya. Termasuk pembangunan kantor gubernur dan kantor DPRD provinsi yang baru.

5 kabupaten yang akan bergabung yaitu Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau dan Melawi sebagai berikut:

1. Kabupaten Sanggau

Baca Juga: Waduh! Ternyata Abraham Samad Belum Pernah DIkonfirmasi Bergabung ke Timnas Anies Baswedan - Cak Imin!

Kabupaten Sanggau adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kotanya adalah Kapuas. Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terletak di tengah-tengah.

Dan berada di bagian utara provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah 12.857,70 km² dengan kepadatan 29 jiwa per km².

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat