bdadinfo.com

Sumatera Selatan Terus Dipadati Kendaraan, Pembangunan Flyover Sekip Ujung Sepanjang 6,60 Meter Ditargetkan Rampung Februari 2024 - News

Ilustrasi pembangunan Flyover Sekip Ujung  (Freepik.com)

Pulau Sumatera sepanjang 2024 sedang gencar-gencarnya mengerjakan pembangunan yang belum seutuhnya selesai, termasuk pembangunan Flyover Sekip Ujung.

Adapun, pembangunan ini dibangun untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di ruas Jl. Basuki Rahmad-Jalan R. Sukamto dan ruas Jl. Amphibi-Jl. Angkatan 66, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Kemacetan yang terjadi sudah tidak dapat teratasi dengan hal apapun maka pemerintah secepatnya menindaklanjuti dengan membangun infrastruktur jembatan di Sumatera Selatan.

Baca Juga: Batam Gak Kalah Saing! Flyover Sei Ladi Segera Dibangun, Berapa Biaya Investasi yang Dikucurkan?

Diketahui pembangunan Flyover Sekip Ujung yang memiliki panjang penanganan 660m terbagi dari jembatan 180m dan oprit sisi Jalan Basuki Rahmad 156m serta oprit sisi Jalan R.Sukamto 324m.

Namun sebagian proyek strategis nasional (PSN) yakni salah satunya jembatan sudah mulai difungsionalkan lebih awal untuk mendukung jasa, mobilitas orang dan logistik untuk masyarakat.

"Kita harapkan dengan jembatan baru ini mobilitas barang dan orang akan semakin terjamin keamanannya, juga kecepatannya," ujar Jokowi sebagaimana dikutip dari pu.go.id.

Baca Juga: Gibran: Hilirisasi Bisa Buka 19 Juta Lapangan Kerja, Jobseeker Full Senyum!

Selain itu tujuan dari pembangunan jembatan ini dibangun ialah mengefisienkan biaya logistik, memperlancar arus transportasi antar daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya.

Adapun Basuki menambahkan bahwa tidak hanya jalan tol dan jalan nasional serta jembatan yang memiliki peranan penting untuk melayani transportasi, barang dan manusia jika KPBU yang dikerjakan dengan tepat waktu maka hasilnya akan maksimal.

Dengan demikian, pengerjaan fisik flyover yang saat ini dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Selatan dan Direktorat Jenderal Bina Marga dengan kontraktor PT. Waskita Karya dan PT. Kencana KSO dengan dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariat Negara sebesar Rp152 miliar.

Baca Juga: Punya Banyak Spot Memesona, Ini 12 Destinasi Wisata Sekitar Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

Basuki Hadimuljono menyatakan pembangunan flyover ini jadi kunci untuk mengurai kemacetan dengan menggunakan lalu lintas yang semakin lancar yang diharapkan akan mempernudah dalam hal apapun.

Setelah itu dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan, Basuki Hadimuljono sedang meninjau progres proyek pembangunan Flyover Sekip Ujung di Kota Palembang pada Kamis 10 Agustus 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat