bdadinfo.com

Terbaru! Kabupaten Seluas 2.021,80 Km2 di Sumatera Utara Resmi Ganti Nama, Warga Sumut Terkejut - News

Kabupaten Seluas 2.021,80 Km2 di Sumatera Utara Resmi Ganti Nama (Pexels.com/@AfifRamdhasuma)

- Sumatera Utara, salah satu provinsi yang menghiasi keindahan Pulau Sumatera, kembali mencatat sejarah dengan pergantian nama salah satu kabupatennya.

Dengan luas wilayah yang mencapai 2.021,80 km², kabupaten ini telah resmi berganti nama setelah mendapat persetujuan dari Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: Peran Kunci Software Perusahaan dalam Melindungi Informasi Sensitif

Namun, apakah warga Sumatera Utara mengetahui perubahan penting ini? Mari kita kupas lebih dalam.

Kabupaten Toba, begitu kini kabupaten seluas 2.021,80 km² ini disebut, merupakan daerah yang memiliki 16 kecamatan, 13 kelurahan, dan 231 desa.

Berlokasi di sebelah utara Provinsi Sumatera Utara, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Simalungun di sebelah utara, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Labuhan Utara di sebelah timur.

Baca Juga: 5 Jalan Tol Trans Sumatera yang Ditarget Rampung pada Tahap I Tahun 2024, Berikut Daftar Ruas yang Masih Tahap Konstruksi 

Berbatasan juga dengan Kabupaten Tapanuli Utara di sebelah selatan, serta Kabupaten Samosir dan Danau Toba di sebelah barat.

Dahulu, kabupaten ini dikenal sebagai Kabupaten Toba Samosir.

Namun, transformasi ini menjadi penting karena melibatkan sejarah dan identitas masyarakat setempat.

Baca Juga: Andre Rosiade Peraih Suara DPR RI Tertinggi di Sumbar

Seiring dengan perjalanan penyelenggaraan pemerintahan, Kabupaten Toba Samosir dimekarkan menjadi dua kabupaten, yakni Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2003. 

Keputusan perubahan nama menjadi Kabupaten Toba diambil setelah mempertimbangkan aspek sejarah, adat istiadat, dan aspirasi masyarakat.

Baca Juga: Perkembangan Politik pada Masa Demokrasi Parlementer, Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 245 Aktivitas Individu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat