bdadinfo.com

Jangan Lupa Berburu Malam Lailatul Qadar di 10 Malam Terakhir Ramadhan 2024, Apa Ada Amalan Khusus yang Dianjurkan? - News

Amalan khusus di malam Lailatul Qadar Bulan Ramadhan (Freepik)

Bulan Ramadhan adalah bulan Dimana di bukakan pintu rahmah dan ampunan, ada satu malam yang mulia pada bulan ini yaitu disebut malam lalilatul qadar.

Lailatul qadar juga bisa disebut sebagai lailatusy syaraf wal fadl yang berarti malam dengan kemuliaan dan keutamaan.

Diketahui, pada malam lailatul qadar Allah memerintahkan malaikat Jibril menurunkan Alquran kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur.

Baca Juga: Kendalikan Gas! Jalan Tol Terpanjang di Sumatera Selatan Koneksikan 3 Provinsi, Jelang Arus Mudik Lebaran 2024 Diberlakukan?

Sehingga, apabila umat islam melakukan kebaikan atau ibadah pada malam itu maka akan dihitung kebaikanya tersebut seperti mengerjakanya selama 1000 bulan.

Ramadhan telah tiba pada 10 malam terakhir, diserukan kepada umat islam untuk berburu malam lailatul qadar sebagai mana yang tertuang pada Alquran surat Al – Qadr.

Dalam kitab Syarhus Sadri bi Dzikri Lailatul Qadri disebutkan ada 4 pendapat dibalik penamaan lailatul qadar yang akan dirangkum sebagai berikut:

Baca Juga: Ajaib! Hanya Bocah Perempuan 8 Tahun Ini yang Selamat dari Kecelakaan Bus di Afrika Selatan, Tewaskan 45 Orang!

Pertama, malam Dimana Allah Subhanahu wa ta’ala menetapkan rezeki, ajal, dan peristiwa dunia yang kemudian ketetapan tersebut diserahkan kepada para Malaikat.

Kedua, sangat mulianya malam lailatul Qadar sampai-sampai ada surat dalam Alquran yang khusus membahasnya yaitu surat Al-Qadr.

Ketiga, keutamaan yang luar biasa akan diberikan kepada Umat Islam yang beribadah dan berbuat baik di malam lailatul qadar.

Baca Juga: Panen Jalan Tol Baru, Sumatera Utara sampai Buka 3 Seksi Jalan Tol Secara Gratis saat Mudik Lebaran Idul Fitri 2024

Keempat, setiap kebaikan yang dikerjakan pada malam lailatul qadar akan diganjar oleh Allah dengan nilai lebih dari pada selain malam itu dan keistimewaan ini hanya Allah berikan kepada Umat Nabi Muhammad SAW.

Amalan Khusus Lailatul Qadar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat