bdadinfo.com

Update Proyek Pembangunan Infrastruktur Air Minum di Kawasan Ibukota Nusantara - News

Pada Jumat, 20 September 2023, terjadi update terkini dari proyek-proyek pembangunan infrastruktur dasar penyediaan sistem penyediaan air minum di kawasan ibukota Nusantara.

- Pada Jumat tanggal 20 September 2023, akan kembali melihat update terkini dari proyek-proyek pembangunan di kawasan ibukota Nusantara, khususnya pembangunan infrastruktur dasar penyediaan sistem penyediaan air minum

Infrastruktur ini sangat penting dalam mendukung keberlangsungan hidup di kawasan baru ini.

Salah satu proyek yang telah selesai adalah projek intake Sepaku, yang menjadi sumber air baku di kawasan KPP dan ibukota Nusantara. 

Baca Juga: Visualisasi Proyek Pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara dari Sudut Pandang Udara

Seperti yang dikutip dari YouTube WPS Channel, intake ini mengambil air dari Sungai Sepaku yang berjarak sekitar 15 km dari KPP. 

Di sekitar intake, terdapat bangunan pengelolaan dan maintenance yang digunakan untuk memastikan pasokan air bersih dan minum di kawasan ibukota Nusantara.

Intake Sepaku merupakan salah satu dari beberapa sumber air baku di kawasan ini, termasuk bendungan Semois Sepaku dan beberapa embung yang akan dimanfaatkan sebagai sumber air baku. 

Penyediaan air minum merupakan infrastruktur dasar yang sangat vital dalam pembangunan kota atau kawasan baru seperti ibukota Nusantara.

Selain intake Sepaku, progres juga terlihat pada instalasi pengelolaan air (IPA) Sepaku, yang sudah sebagian besar selesai fisiknya dan ditargetkan untuk mulai digunakan sebelum Agustus tahun ini. 

Baca Juga: Investor Swasta Berminat Masuki Proyek IKN, Fokus pada Sektor Perumahan dan Pendidikan

Air dari intake Sepaku akan diolah di IPA dan didistribusikan melalui pipa transmisi berdiameter 1000 mm ke berbagai area di kawasan.

Pemasangan pipa transmisi air minum dari Sepaku juga telah mencapai progres signifikan, dengan sebagian besar pipa sudah tertanam. 

Pipa transmisi ini akan mengalirkan air ke kawasan reservoir dan kemudian dialirkan secara gravitasi ke KPP. 

Proyek ini melibatkan pembangunan jalan inspeksi untuk maintenance dan distribusi air menuju KPP.

Proyek ini sangat penting karena akan menyuplai air bersih bagi masyarakat di sekitar ibukota Nusantara. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat