bdadinfo.com

Sumatera Selatan Targetkan Flyover Barunya Tuntas pada April Mendatang, Mudik Lebaran 2024 Bisa Lewat Sini? - News

Sumatera Selatan Targetkan Flyover Barunya Tuntas pada April Mendatang, Mudik Lebaran 2024 Bisa Lewat Sini? (sahabat.pu.go.id)

Pembangunan jalan tol dan flyover yang menjadi proyek besar di provinsi-provinsi di Pulau Sumatera terus dikebut.

Dengan semakin dekatnya momen mudik lebaran 2024, apakah warga Sumatera Selatan dapat memanfaatkan kehadiran Flyover Sekip Ujung yang ditargetkan akan tuntas dalam waktu dekat?

Untuk diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan tengah menyelesaikan pembangunan Fly Over (FO) Sekip Ujung di Kota Palembang.

Baca Juga: Dianggap Sangat Lamban, Biang Kerok Alotnya Pembangunan Jalan Tol di Sumbar Rupanya karena Masalah Pembebasan Lahan: Kenapa Lagi? 

Pembangunan Flyover Sekip Ujung ini rencananya memiliki panjang 660 meter dengan lebar 18,40 meter.

Flyover tersebut juga terdiri dari 4 lajur 2 arah dengan anggaran untuk konstruksi FO ini sebesar Rp168,9 Miliar.

Di mana masa pelaksanaannya terhitung untuk tahun 2022 hingga 2024.

Baca Juga: Sumbar Tidak Bisa Leha-leha Lagi! Pembangunan Jalan Tol di Wilayahnya Kalah dari Riau dan Bengkulu, Pembebasan Lahan Lagi-lagi Jadi Kendala Utama 

Saat ini proges pembangunannya telah mencapai 95 persen dan ditargetkan akan selesai pada bulan April mendatang.

Pada pembangunan Flyover Sekip Ujung saat ini sedang dilaksanakan Pekerjaan Khusus.

Yaitu oprit dengan mortar-busa yaitu busa timbunan ringan yang terdiri dari material campuran busa (foam), semen, pasir, dan air untuk mengatasi kondisi tanah yang lunak di bagian bawah.

Baca Juga: Sumbar Batasi Operasional Angkutan Barang Selama Momen Mudik Lebaran 2024: Berikut Kendaraan-kendaraan yang Tidak Terkena Aturan Pembatasan 

Pekerjaan khusus tersebutlah yang kemudian membuat Kementerian PUPR di tahun 2024 memprogramkan penataan kawasan Flyover Sekip Ujung dengan anggaran Rp6 Miliar.

Dana tersebut sudah meliputi pekerjaan landscape di 4 segmen (bawah FO dan depan Masjid), pedestrian di kiri kanan FO, dan ornamen motif songket pada pilar dan kiri kanan oprit dan Planter box di kiri kanan oprit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat