bdadinfo.com

Istana Kepresidenan IKN Ditargetkan Rampung Pertengahan Juli 2024, Siap Digunakan untuk Upacara 17 Agustus - News

Istana Kepresidenan IKN Ditargetkan Rampung Pertengahan Juli 2024 (Freepik.com/@WirojSidhisoradej)

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan selesai pada pertengahan Juli 2024.

Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara di kawasan IKN Nusantara, Rabu, 5 Juni 2024.

Baca Juga: Baru Diangkat Sebagai Pelatih Fenerbahce, Ini Harapan Jose Mourinho untuk Sepakbola Turki

"Pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap dan akan mulai untuk persiapan upacara 17 Agustus," kata Presiden Jokowi.

Tinjauan tersebut dilakukan Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni, Kurator IKN Ridwan Kamil, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam tinjauan ini, Presiden Jokowi mengecek kesiapan lokasi untuk upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia.

Baca Juga: Nusantara Kaltim Merdeka! Istana Kepresidenan IKN Ditargetkan Rampung Pertengahan Juli 2024, Jokowi Siap Berkantor di IKN Tahun Ini

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara semuanya sudah tidak ada masalah," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk berkantor di IKN Nusantara per Juli 2024. Saat ini, pihaknya menunggu ketersediaan air di IKN.

"Kemarin kita sudah resmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN," ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Demi Percepatan Pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin, HK Gelontorkan Ratusan Juta Dibagi-bagi untuk Warga Sumbar: Siapa Saja yang Dapat? 

Menteri Basuki mengatakan Bendungan Sepaku Semoi siap memasok kebutuhan air baku untuk IKN Nusantara.

"Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik," tutur Menteri Basuki.

Sementara itu, Kurator IKN Nusantara Ridwan Kamil menjelaskan bahwa IKN Nusantara didesain sebagai kota kelas dunia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat