bdadinfo.com

Wow! 5 Ruas Tol Operasional di Pulau Sumatera Kalahkan Panjang 10 Ruas Tol Operasional di Jawa: 2024 Berhasil Menyambung Sepanjang 236,4 KM - News

5 Ruas Tol Operasional di Pulau Sumatera Kalahkan Panjang 10 Ruas Tol Operasional di Jawa: 2024 Berhasil Menyambung Sepanjang 236,4 KM (bpjt.pu.go.id)

– Mega proyek pembangunan jalan tol pada awalnya tidak terlalu antusias disambut masyarakat luas.

Pasalnya, proyek tersebut membutuhkan dan menghabiskan anggaran dan nilai investasi yang fantastis.

Setidaknya ada 15 (lima belas) ruas tol operasional saling menyambung di tahun 2024 yang terdiri dari 10 (sepuluh) ruas tol di Pulau Jawa dan 5 (lima) ruas tol di Pulau Sumatera dengan total panjang mencapai 236,4 km.

Baca Juga: HK Kalang Kabut Kehabisan Waktu! Sejumlah Jalan tol di Aceh dan Sumut Ditargetkan Rampung Sebelum 2024 Berakhir: Mampukah Tuntas Menyeluruh?

Meski kalah jumlah, panjang ruas tol operasional di Sumatera berhasil kalahkan panjang ruas tol operasional di Jawa pada tahun 2024 ini.

Diketahui, pembangunan jalan tol di 2024 ini semakin menunjukkan taringnya jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dengan berkontribusi besar pada meningkatnya kelancaran arus lalu lintas di Indonesia secara drastis.

Baca Juga: Dari 2018 hingga 2024, Sumbar Belum Juga Punya Jalan Tol! Bos HK Ungkap Biang Kerok Lambannya Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin Akibat Kendala Ini

Keberhasilan ini diungkapkan saat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah, menyampaikan hasil evaluasi infrastruktur dan transportasi pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024.

Hasil evaluasi tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam rapat tersebut, dikatakan bahwa infrastruktur jalan dan jembatan yang telah disiapkan dengan baik dalam menyambut momen mudik Lebaran 2024 lalu memberi kontribusi besar dalam peningkatan kelancaran arus mudik dan arus balik.

Baca Juga: Konstruksi JTTS Tahap I Sisakan 8 Ruas Ini! Selain di Sumatera Barat, Berikut Tol Lainnya yang Masih Belum Kelar Juga: Butuh Suntikan Dana Lagi? 

Secara umum kesiapan infrastruktur jalan dalam mendukung arus mudik Lebaran 2024 sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya adalah dengan rincian 10 ruas tol operasional di Jawa sepanjang 90,6 km dan 5 ruas tol operasional di Sumatera sepanjang 145,8 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat