bdadinfo.com

Keunggulan Jatim! Tak Patahkan Semangat, PJ Gubernur Jawa Timur Resmikan Jembatan Pertama dan Terpanjang Diatas Sungai Megah, Lokasinya Disini - News

Jembatan Plus Tanggul Sungai  (Freepik)

- Baru diresmikan konstruksi pembangunan di Kabupaten Lumajang yakni Tanggul Sungai Mujur dan Jembatan Kloposawit Lumajang. 

Diakibatkan rusak dan sempat terputus karena diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru akhirnya rampung diperbaiki. 

Sehingga masyarakat dapat kembali menggunakan jembatan tersebut.

Baca Juga: Sekdakab Pesisir Selatan Hadiri Pengajian Daerah Terpadu Muhammadiyah dan Aisyiah

"Setelah sempat jebol akibat terjangan banjir lahar dingin Semeru, Jembatan Kloposawit sudah rampung diperbaiki dan jalan sudah. Bisa dilalui masyarakat," ujar Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni. 

Selain memperbaiki fondasi jembatan yang dilanjutkan dengan tanggul di sekitar Jembatan Bailey Kloposawit.

Baca Juga: Salat Idul Adha Dipusatkan di Halaman Balai Kota Pariaman

Jembatan Bailey Kloposawit juga diperkuat untuk mencegah luapan banjir lahar dingin Semeru memasuki kawasan permukiman warga.

"Tanggul yang kemarin rusak sudah diperbaiki oleh Dinas PU SDA dengan panjang bronjong 185 meter dan tinggi 10 meter. Pengerjaannya hampir selesai. Selain itu, strip-strip dibuat untuk mengarahkan aliran air agar tidak merusak infrastruktur," ujar Indah.

Baca Juga: Wow! 5 Ruas Tol Operasional di Pulau Sumatera Kalahkan Panjang 10 Ruas Tol Operasional di Jawa: 2024 Berhasil Menyambung Sepanjang 236,4 KM

Indah menjelaskan, pemerintah tidak hanya fokus pada Jembatan Kloposawit karena upaya perbaikan meliputi jembatan lainnya. 

Jembatan lainnya yang mengalami kerusakan akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru.

"Total ada 11 jembatan yang mengalami kerusakan akibat banjir lahar dingin Semeru dan satu jembatan diantaranya sudah selesai,” katanya.

Baca Juga: Taklukkan Filipina, Timnas Indonesia Berhasil Jadi Satu-Satunya Negara Asean di Putaran 3, Begini Tanggapan Pelatih Shin Tae Yong!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat