bdadinfo.com

Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar Gratis dan Menggebrak! 10.631 Kendaraan Serbu Jalur Saat Libur Idul Adha, Mengancam Kepadatan Tol Pekanbaru-Dumai - News

Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar Gratis dan Menggebrak (Freepik.com/@KamranAydinov)

- Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar membuktikan kapasitasnya sebagai penghubung penting antara Riau dan Sumatera Barat.

Pada puncak libur Idul Adha, tanggal 15 Juni 2024, tol ini dilintasi oleh 10.631 kendaraan, mencerminkan lonjakan signifikan dalam arus lalu lintas.

Meski hanya menghubungkan Riau dengan Sumatera Barat, jumlah kendaraan yang melintas di tol ini hampir menyaingi tol Pekanbaru-Dumai yang merupakan jalur utama menuju Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Baca Juga: Riau-Sumbar Bersatu! Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Potong Kompas Waktu Perjalanan dari Pekanbaru ke Bukitinggi Terpangkas Satu Jam Lebih

Pada hari yang sama, tol Pekanbaru-Dumai mencatat 18.365 kendaraan melintas.

"Pada puncak libur Idul Adha, 15 Juni, jumlah kendaraan yang melintas di tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar mencapai 10.631 kendaraan. Sementara di tol Pekanbaru-Dumai pada hari yang sama sebanyak 18.365 kendaraan," ujar Branch Manager Tol Permai dan Pekanbaru-Bangkinang Jarot Seno Wibawa, Selasa (18 Juni 6 2024.

Jumlah kendaraan yang melintasi kedua tol ini meningkat hingga 50 persen dibandingkan hari biasa, menandakan betapa pentingnya peran jalan tol dalam mendukung mobilitas selama periode liburan.

Baca Juga: Agenda-agenda Sumbar saat Temui Menteri PUPR, Usulan Mengenai Jalan Tol hingga Jalan Daerah Dibahas: Sumatera Barat Saatnya Berbenah 

"Untuk ruas Pekanbaru-Dumai dan ruas Pekanbaru-XIII Koto Kampar meningkat cukup signifikan," tambah Jarot.

Salah satu alasan utama tingginya volume kendaraan di tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar adalah kebijakan tarif gratis yang masih diberlakukan.

Hingga saat ini, pengguna tol dapat melintas tanpa dikenakan biaya, membuat perjalanan lebih menarik dan ekonomis bagi banyak orang.

Baca Juga: Pertandingan Grup F Euro 2024: Turki dan Portugal Sama-sama Sukses Raih Kemenangan

"Hingga saat ini, pihak kami belum memberlakukan tarif untuk kendaraan yang melintas di Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar. Jadi, masyarakat yang melintas di ruas tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi ini masih gratis," tegas Jarot.

"Iya, masih gratis, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat