bdadinfo.com

Nyaman dan Jauh dari Kemacetan, Ini 5 Kota Tersunyi di Pulau Sumatera, Salah Satu yang Paling Sepi di Riau - News

Sawahlunto, Salah Satu Kota Tersunyi di Pulau Sumatera.

- Jika kita membahas tentang beberapa Kota di Indonesia, tentu kita harus melihat bagaimana peluang dan kesempatan yang terbaik untuk bisa meraih suatu tujuan yang tidak dapat diduga.

Namun seringkali kita menetap atau ingin tinggal di berbagai kota manapun berada, tentu akan menjadi suatu kendala atau masalah yang bisa saja tidak mudah untuk diantisipasi maupun diterima dengan lapang dada.

Sumatera memiliki beberapa kota dan daerah yang memiliki jumlah penduduk ada yang sedikit, menengah hingga padat, sehingga kita mungkin tidak akan sadar kalah tiba-tiba di satu kota ada yang padat tapi tidak ramai penduduknya, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: AJI, AMSI, IJTI dan IDA Minta Presiden Cari Jalan Terbaik untuk Perpres Publishers Rights

Untuk itu mari kita menjelaskan 5 Kota Tersunyi di Sumatera, tetapi di antaranya menjadi salah satu yang paling tersunyi di Indonesia.

1. Subulussalam

Tempat ini merupakan salah satu yang daerah di pulau Sumatera yang paling sepi dengan jumlah populasi sekitar 93.710 jiwa, dengan kepadatan penduduk di Kota hanya mencapai 68 jiwa per kilometer persegi.

Baca Juga: Tempat Paling Barat Ternyata Bukan Sabang? Ini 4 Titik Ujung Terluar Negara Indonesia Terbaru

Wilayah yang berada di Kecamatan Simpang Kiri, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh mendapatkan Predikat sebagai kota yang paling sepi karena kepadatan penduduknya yang cenderung sangat kecil.

2. Sawahlunto

Kota yang berada di sebelah timur laut kota Padang, Sumatera Barat memiliki luas area sekitar 273.45 km persegi dengan jumlah penduduk pada tahun 2022 berkisar 66.962 jiwa.

Baca Juga: Intip Gaya Hidup Mewah ala Mbappe: Punya Deretan Mobil Tapi Gak Bisa Nyetir!

Wilayah yang dikelilingi oleh tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Sijunjung merupakan Kota yang paling sunyi meskipun memiliki tempat wisata yang terkenal yaitu Lubang Suro dan Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto.

Meskipun menjadi tempat yang paling ikonik untuk para Wisatawan, namun semua itu berbalik dengan keadaan jumlah penduduk yang relatif kecil, hanya puluhan hingga ratusan ribu jiwa saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat