bdadinfo.com

Lada Bisa Berjaya Lagi di Babel! Bisa Dikembangkan di Lahan Kritis dan Bekas Tambang - News

Tanaman Lada.  (dok. Dinas Perkebunan Kaltim)

Seteleh menelusuri Bangka Belitung (Bebel), Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, menemukan banyak lahan kritis dan bekas tambnag di wilayah tersebut.

Lahan kritis dan bekas tambang di Babel ini, kata Harvick, sejatinya bisa dimanfaatkan untuk perkebunan lada.

Selain itu, Harvick menjelaskan, lahan kritis dan bekas tambang yang ada di Babel menurutnya agak susah jika dikembangkan menjadi sawah.

Baca Juga: 10 Pemain Bola Terkenal di Indonesia Asal Sumatera Barat, Nomor 5 Kiper Otodidak Punya Segudang Prestasi

"Setelah melakukan kunjungan kerja ke sini (Kep. Babel) saya lihat banyak sekali ada lahan bekas tambang. Saya lihat, kalau untuk persawahan, di sini kurang cocok," kata Harvick, dilansir dari laman resmi Pemprov Babel, Senin, 7 Agustus 2023.

"Di beberapa lokasi, banyak saya lihat ada lahan-lahan dengan kondisi kritis. Itu sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan tanaman lada, supaya kejayaan lada ini bisa kembali di Babel," lanjutnya.

Menanggapi pernyataan Wamentan, Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, menjelaskan, Pemprov Babel terus bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk mereklamasi lahan kritis dan bekas tambang tersebut.

Baca Juga: Dapat Julukan Kota Pempek, Ini Kuliner yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Palembang

Suganda juga menjelaskan, di wilayah Babel terdapat seluas 167.104 hektar lahan kritis yang tersebar di berbagai kota dan kecamatan.

"Sayang jika lahan kritis ini tidak dimanfaatkan. Jangan sampai sia-sia begitu saja. Tadi pak Wamentan mengusulkan, jika sudah di reklamasi lahan-lahan kritis itu bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan lada, supaya kejayaan lada ini bisa kembali lagi di Kepulauan Babel," kata Suganda.

Hal tersebut, kata Suganda lagi, juga dalam rangka mendukung upaya pemerintah pusat meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Baca Juga: 5 Pahlawan Nasional Asal Sumatera Utara, Nomor 1 Tokoh TNI Jenderal Bintang 5!

"Jadi rekan-rekan di kabupaten/kota, silahkan diusulkan, jika ada program yang bisa disinergikan dengan Kementan RI. Kalaupun ada pihak-pihak yang menyampaikan proposal terkait program-program pertanian, itu akan sangat kita dorong," jelas Suganda.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat