bdadinfo.com

Pandemi Covid 19 Jadi Endemi, Pemko Pekanbaru: Satgas masih Ada, Tugasnya Preventif - News

Ilustrasi Virus Covid 19.  (dok. Kemenkes)

Dunia telah lama mnetapkan Pandemi Covid 19 menjadi endemi sejak pertama kali kemunculannya pada tahun 2019 lalu.

Indonesia pun melalui Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2023 menyatakan, Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dinyatakan telah berakhir masa tugasnya dan dibubarkan.

Meski begitu, Pemerintah Kota Pekanbaru menyebut jika Satuan Tugas atau Satgas Covid 19 di daerah tersebut masih bertugas.

Baca Juga: Kementerian PUPR Tuntaskan 47 Proyek Strategis Nasional pada 2023-2024, Sebagian Ada di Sumatera

Bukan untuk menghimbau melakukan tindakan agar tidak terjangkit Covid 19, namun, tugas Satgas di Kota Pekanbaru ini lebih sebagai pengawal preventif.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, seperti dilansir dari laman resmi Pemko Pekanbaru, Rabu, 9 Agustus 2023.

"Memang kita sudah mendapatkan arahan untuk menghentikan penanganan Covid-19. Satgas Covid-19 dibubarkan, tapi satgas kita tetap ada, hanya tugasnya mungkin lebih ke preventif," kata Indra.

Baca Juga: Progres Terkini Tol Bangkinang-Pangkalan di Sumatera Barat yang Ditarget Rampung Tahun 2024 Mendatang

Sekda Pekanbaru tersebut mengatakan hal itu usai mendapat arahan langsung dari Pemerintah Pusat dalam penghentiaa penanganan Covid 19 pada 4 Agustus 2023 kemarin.

Seperti diketahui, Covid 19 menjelma menjadi Pandemi dunia yang mematikan. Virus ini diduga pertama kali terdeteksi di Wuhan, China.

Covid telah dinyatakan sebagai kondisi darurat global sejak 30 Januari 2020. Hingga akhir 2022 lalu, Pandemi Covid 19 telah memakan 6,9 juta jiwa dari seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Hasil Mega Proyek Terindah di Sumatera Barat, Sangat Berkelas hingga Jadi Rancangan Terbaik Dunia

Namun, pada 5 Mei 2023 lalu, WHO menetapkan Pandemi Covid 19 berakhir. Virus tersebut kini ditetapkan sebagai endemi, layaknya Demam Berdarah Dengue (DBD).***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat