bdadinfo.com

Bakal Rehabilitasi Kawasan yang Rusak, OIKN: Itu Terjadi Sebelum Pembangunan - News

Ilustrasi lahan yang rusak. (PEXELS/Matthis Volquardsen)

- Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN menyatakan bahwa sebelumnya kawasan di Kalimantan Timur telah mengalami kerusakan sebelum ditetakan status ibu kota baru.

Menurut OIKN, kawasan pembangunan IKN telah mengalami kerusakan sebelum ditetapkan sebagai ibu kota baru Indonesia.

Seperti dikutip dari YouTube Pers Lokal, dilansir Jumat, 29 Desember 2023, sekitar 120.000 hektar lahan hutan IKN membutuhkan rehabilitasi atau restorasi.

Baca Juga: Gas Terus! Groundbreaking Infrastruktur IKN Tahap Empat Bakal Dilakukan Pertengahan Januari 2024

Myrna Asnawati Safitri, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, menyatakan bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keanekaragaman hayati di IKN.

“Namun untuk mencapai hal itu pihaknya perlu berupaya ekstra dalam situasi ekosistem IKN yang kita ketahui sebagian besar itu telah alami kerusakan bahkan sebelum ditetapkannya IKN,” kata Mirna dalam diskusi publik IKN melalui saluran telekonferensi pada 27 Desember 2023.

Dia mengatakan diperlukan upaya ekstra untuk melindungi keanekaragaman hayati dan pemulihan ekosistem, meskipun hal ini akan menjadi tugas yang berat.

Baca Juga: Sering Disangka Bunga Liar, Inilah Manfaat Bunga kenop Untuk Kesehatan Tubuh

“Diperlukan berbagai upaya ekstra untuk melindungi keanekaragaman hayati dalam pemulihan ekosistem ini akan menjadi tugas berat bagi kami. Namun, kami percaya bahwa IKN menjadi sebuah lokus bagi kita untuk menunjukkan keseriusan dalam menyelaraskan aspek lingkungan dalam pembangunan,” sambungnya.

Sementara itu, Pungky Widiaryanto, Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air Kedeputian Bidang Lingkup Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, mengungkapkan bahwa luas tutupan hutan di IKN saat ini hanya sekitar 16% dari total luas kawasan.

“Kita tahu bahwa IKN secara baseline atau kondisi saat ini, bahkan sebelum dicanangkan, hutan di IKN hanya sekitar 16% dari total 250.000 hektare, dengan laju deforestasi sekitar 1000 hektar per tahun, berdasarkan analisis tutupan lahan KLHK 2009 hingga 2019,” kata Pungki dalam acara yang sama.

Baca Juga: Review Produk Betadine Terbaik yang Paling Recommended

Hal ini menunjukkan bahwa OIKN memiliki peran penting dalam memulihkan kondisi lahan IKN yang sudah rusak sebelumnya.

Dalam rencana besar, sekitar 65% atau sekitar 177.000 hektar direncanakan sebagai kawasan lindung hijau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat