bdadinfo.com

Ada Bendungan Raksasa di Indonesia dan Dibangun dengan Biaya Rp2,03 Triliun, Fungsinya Enggak Kaleng-kaleng: Cek Lokasinya di Sini - News

Ada Bendungan Raksasa di Indonesia dan Dibangun dengan Biaya Rp2,03 Triliun, Fungsinya Enggak Kaleng-kaleng: Cek Lokasinya di Sini (sahabat.pu.go.id)

Indonesia kembali membangun bendungan raksasa senilai Rp2,03 triliun. Proyek pembangunan bendungan memang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tengah digalakkan.

Bendungan raksasa tersebut diberi nama Bendungan Cipanas. Tak hanya memiliki luas yang besar tetapi juga fungsinya yang enggak kaleng-kaleng.

Bendungan Cipanas berada di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat dan menjadi bendungan terbesar ketiga di Indonesia.

Baca Juga: Demi Kapal-Kapal Besar Bisa Merapat, Sumatera Selatan Bakal Gunduli Hutan Bangun Pelabuhan Baru Senilai Rp2,4 Triliun 

Bendungan yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung ini memiliki sejumlah fungsi yang membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah Sumedang, Indramayu dan Majalengka.

Dengan total luas genangan 1.315 hektare dan total volume 250 juta m³, bendungan ini sangat berguna untuk menampung air.

Terutama demi mendukung irigasi pertanian dan sumber air baku di kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang berada di Kabupaten Indramayu dan Sumedang.

Baca Juga: Mega Proyek Bendungan di Jawa Barat Rampung dalam 7 Tahun, Habiskan Biaya Rp2 Triliun Demi Sektor Ini 

Kehadiran Bendungan Cipanas ini juga nantinya akan memenuhi kebutuhan air bagi 9.273 hektare sawah melalui saluran irigasi.

Dukungan air irigasi dari bendungan ini juga diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam para petani.

Dari sebelumnya yang menggunakan metode tadah hujan yang berdampak hanya mampu menghasilkan satu kali panen, dengan dukungan air irigasi dari bendungan baru ini, petani bisa panen lebih banyak yakni 2-3 kali dalam setahun.

Baca Juga: Mantap! Jalan Beraspal Secara Menyeluruh di Kawasan Talaud Tuntas 2024, Pemerintah Habiskan Biaya Rp1,13 Triliun

Tak hanya berfungsi untuk menampung air, bendungan ini juga digunakan sebagai pengendali banjir untuk wilayah Indramayu dan sekitarnya.

Hal ini karena Bendungan Cipanas diprediksi mampu mengurangi debit banjir sebesar 487,75 m³ per detik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat