bdadinfo.com

Baru Diresmikan! Bendungan Terbesar Pertama dan Multifungsi di Sulawesi Utara seluas 2.200 Hektare, Kabupaten Ini... - News

Bendungan Lolak, Sulawesi Utara  (JTTS )

- Proyek strategis nasional (PSN) yang telah selesai konstruksi pengerjaan pembangunan tersebut ialah Bendungan Lolak di Sulawesi Utara.

Bendungan Lolak yang baru saja diresmikan oleh presiden Jokowi kemarin tepatnya di Kabupaten Bolaang Mongondow pada Jumat 23 Februari 2024.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Lolak.

Baca Juga: Makin Gak Habis Pikir! Kucurkan Dana Rp66,55 Miliar Demi Bangun Pasar Terbesar di Sumatera Utara, Tapi di Kabupaten Ini...

Adapun Bendungan Lolak memiliki luas area genangan mencapai 101 hektar yang sudah mulai diisi air sejak 18 Agustus 2023.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan bahwa Bendungan Lolak merupakan salah satu dari 61 bendungan yang dibangun.

Komang Sudana, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I, memberitahukan bahwa konstruksi fisik Bendungan Lolak telah rampung dan elevasi air waduk.

Baca Juga: Besok Malam Nisfu Sya'ban! Berikut Waktu, Hukum, dan Niat dalam Berpuasa

Elevasi air waduk telah mencapai ketinggian +106,170m atau sekitar 53 persen dari tampungan total. 

“Saat ini, elevasi intake sudah mencapai +99 meter, namun belum mencapai elevasi +114,5 meter,” ujar Komang.

Bendungan Lolak, dengan kapasitas tampung 16,23 juta meter kubik yang akan memberikan kegunaan signifikan.

Baca Juga: 462 Mustahik Terima Zakat Program Pariaman Makmur dari Baznas Kota Pariaman

Selain untuk menyediakan air irigasi untuk lahan pertanian seluas 2.214 hektar namun juga akan menjadi sumber air baku dengan debit 500 liter per detik.

Ada juga sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan potensi energi 2,43 Mega Watt.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat