bdadinfo.com

Diresmikan Jokowi! Hutama Karya Kembali Selesaikan Jalan Tol Akses Menuju Pelabuhan Terbesar di Sulawesi Selatan, Bakal Permudah Ekspor - Impor - News

Jalan Tol Akses, Pelabuhan MNP  (Freepik )

- Mega proyek strategis nasional (PSN) di Sulawesi Selatan yang baru saja rampung dan diresmikan termasuk Jalan Tol Akses Menuju Pelabuhan MNP.

Sebelumnya, Jokowi telah meresmikan pembangunan Pelabuhan terbesar di Sulawesi Selatan yakni Pelabuhan Makassar New Port pada Kamis, 22 Februari 2024.

Jokowi menyampaikan bahwa Makassar New Port adalah pelabuhan besar di Indonesia bagian timur yang diharapkan dapat mengefisiensikan biaya logistik di Indonesia.

Baca Juga: Update Pembangunan IKN: Rencana Rampung Sebelum Agustus 2024 dengan Pembangunan Masif dan Pembangunan Embung Terbesar

“Pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan besar di Indonesia bagian timur yang kita harapkan bisa mengefisiensikan biaya-biaya logistik yang ada di tanah air kita,” ucap Jokowi.

Sepuluh tahun yang lalu biaya logistik di Indonesia berlokasi di angka 24 persen sedangkan negara-negara lain di angka 9 persen sampai 12 persen. 

“Sekarang, biaya logistik kita sudah turun kurang lebih 14 persen. Sudah turun banyak, tetapi tetap masih sedikit lebih tinggi dari negara-negara lain. Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” ujar Jokowi menambahkan.

Baca Juga: Waduh! Pemerintah Putuskan Cukup Mengoperasikan Tol 15,6 Km di Sumatera Utara ini Secara Gratis, Biaya Melintas Segera Ditetapkan

Jokowi menyinggung masalah dwelling time yang dulu dapat mencapai lima sampai tujuh hari dan menurutnya sangat tidak efisien.

Namun demikian, hal tersebut telah dapat teratasi, di mana saat ini rata-rata dwelling time sudah terletak di bawah tiga hari.

“Berkaitan dengan dwelling time, dulu bisa 5 hari, 6 hari, 7 hari. Barang-barang yang datang turun dari kapal kemudian diangkut keluar, ini tidak efisien," sambungnya

Baca Juga: Pembangunan Ibu Kota Nusantara Capai 75% di Tahap Pertama: Kemajuan Signifikan dalam Konstruksi dan Dampak Positif bagi Wilayah Sekitar

"Sekarang rata-rata sudah di bawah 3 hari semuanya, ini sangat bagus sekali. Tidak kalah kita dengan pelabuhan-pelabuhan besar dari negara-negara lain,"

"Inilah kekuatan, potensi yang terus kita perbaiki sehingga daya saing kita menjadi lebih baik,” tutur Presiden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat