bdadinfo.com

Inilah Daftar Selebriti yang Dipastikan Lolos ke Senayan, Ada Beberapa dari Pemilu 2019 yang Tetap Dipertahankan - News

artis dpr senayan

- Pemilu 2024 saat ini masih dalam tahap penghitungan surat suara, namun ada beberapa dari mereka yang dipastikan akan lolos sebagai Anggota DPR dalam 5 tahun mendatang.

Ada diantara yang mungkin masih akan tetap dipertahankan sebagai Anggota DPR dalam periode 2024 - 2029 mendatang, dan juga termasuk dari kalangan selebriti.

Sebelumnya sudah ada beberapa selebriti seperti Opie Kumis, Aldi Taher, Dede Sunandar, Vicky Prasetyo, Dedy Gumelar (Miing), Farhat Abbas, Yusuf Mansur, dan Ayu Azhari.

Baca Juga: Resmi! Lee Jae Wook dan Karina Aespa Akhirnya Berpacaran, Begini Lengkapnya

Sementara itu, selebriti yang baru ini meramaikan momen penting adalah Komedian Alfiansyah Bustami, atau yang lebih dikenal dengan nama "Komeng", berhasil meraih suara sebanyak 1.798.455.

Dengan kata lain, Komeng menjadi Komedian pertama di Indonesia yang resmi menjadi Anggota di Kursi Senayan, yang mewakili Provinsi Jawa Barat dari jalur DPD tanpa afiliasi Partai Politik manapun.

Sementar itu, syarat seorang caleg lolos DPR diatur dalam Pasal 411 ayat 2 UUD No. 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum. Penetapan hasil pemilu caleg maju lolos ke Senayan terdiri atas perolehan suara parpol dan calon anggota DPR.

Baca Juga: Hoax Kandungan Bromat Le Minerale Tinggi, Ternyata Aqua Lebih Tinggi?

Para selebriti Tanah Air, memperebutkan salah satu dari 580 kursi bersama dengan para caleg yang maju dari 84 dapil, Adapun jumlah kuota kursi DPR RI dari setiap provinsi dan dapil berbeda-beda.

Komeng bukanlah satu-satunya yang menjadi selebriti, yang ikut bertarung dalam persaingan meraih hitungan suara terbanyak dalam Pemilu DPR dan DPD periode 2024 - 2029.

Ada beberapa selebriti yang baru lolos dan akan segera menjadi anggota DPR maupun DPD, namun ada juga yang sudah terpilih di tahun 2019 lalu, tetapi masih tetap dipertahankan.

Baca Juga: Ini Kata SKK Migas Terkait Target Lifting Migas Kepri Tahun 2024

1. Jihan Fahira

Mantan aktris sinetron, Jihan Fahira menjadi saingan terdekat Komeng dalam memperebutkan kursi DPD di dapil Jawa Barat, Aktris sinetron era 1990 hingga awal 2000-an, telah meraih 717.725 suara atau sekitar 6,96 persen.

2. Uya Kuya

Mantan Musisi dan Host Acara ternama, akhirnya maju sebagai calon anggota DPR RI yang bertarung dalam dapil DKI Jakarta II, dan Berdasarkan hasil real count sementara, artis yang bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), meraih sebanyak 42.296 suara.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Sudah Hampir Selesai, Sumatera Barat Siap Bebaskan Macet: Dulu Berjam-jam Sekarang Jadi Cuma 30 Menit!

3. Once Mekel

Once maju sebagai calon anggota DPR RI di dapil DKI Jakarta II, dan Pentolan Dewa 19 yang bergabung dengan PDIP telah meraih suara sebanyak 24.817.

4. Melly Goeslaw

Penyanyi sekaligus penulis lagu legendaris Indonesia, Melly Goeslaw ikut dalam perebutan kursi DPR RI melalui dapil Jawa Barat I, demi mendapatkan kursi di Senayan, Melly bergabung dengan Partai Gerindra.

Berdasarkan hasil real count sementara, penyanyi lagu tersebut meraih suara sebanyak 26.759, dan menempatkan Melly di posisi tiga besar dalam daerah pemilihan tersebut.

Baca Juga: Buktikan Tajinya, Jembatan Sepanjang 1,3 Km yang Dananya Nyaris Rp1 Triliun di Sulawesi ini Jadi Andalan Baru: Bikin Perjalanan Nggak sampai 5 Menit!

5. Giring Ganesha

Mantan vokalis Nidji sekaligus mantan Ketua Umum PSI, Giring Ganesha maju sebagai calon anggota DPR melalui dapil Jawa Barat I.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat