bdadinfo.com

Melintasi Keindahan Aceh hingga Lampung, Telusuri Jejak Sepanjang 884,5 Kilometer Tol Trans Sumatera yang Baru Diresmikan! - News

Telusuri Jejak Sepanjang 884,5 Kilometer Tol Trans Sumatera (ilustrasi) (Pixabay.com/@Pexels)

- Pada awal Februari 2024, Indonesia menyaksikan tonggak sejarah dengan diresmikannya dua ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) oleh Presiden Joko Widodo.

Kedua ruas baru tersebut adalah Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat (panjang 20,4 Km) dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran - Lima Puluh (panjang 15,6 Km).

Baca Juga: Resmi! Menhan Prabowo Subianto Diberi Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang Empat dari Jokowi

Kedua ruas tol ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

Hingga Februari 2024, berdasarkan data Kementerian PUPR, total panjang Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi mencapai 884,5 Km.

Dengan penambahan dua ruas tol baru, pembangunan JTTS semakin meluas, menghubungkan daerah-daerah strategis dan mempersingkat waktu perjalanan antarwilayah.

Baca Juga: Dibangun dengan Dana Senilai Rp168 Miliar, Jembatan Ini Jadi Urat Nadi Penghubung Sumatera Barat-Bengkulu dan Lampung

Berikut adalah daftar ruas tol yang telah beroperasi hingga Februari 2024:

- Tol Bakauheni - Terbanggi Besar: 141 Km

- Terbanggi Besar - Kayu Agung: 189 Km

- Kayu Agung - Palembang - Betung: 42,5 Km

- Belawan - Medan - Tanjung Morawa: 43 Km

- Medan - Binjai: 17 Km

Baca Juga: Tanah Rencong Terbelah! Aceh Harus Merelakan 8 Kecamatan dan 222 Gampong Berpisah dari Provinsinya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat