bdadinfo.com

Rupanya Ini Alasan Pemerintah Tak Pusing Tujuh Keliling Soal Pembebasan Lahan, Proyek Pelabuhan Baru di Sumatera Selatan Bakal Gaspol 2024  - News

 Pemerintah Tak Pusing Tujuh Keliling Soal Pembebasan Lahan, Proyek Pelabuhan Baru di Sumatera Selatan Bakal Gaspol 2024  (Pixabay.com/Horst Müller )

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sumsel) saat ini tengah serius menggesa proyek pelabuhan baru di wilayahnya.

Jika biasanya pemerintah akan mengalami kesulitan di tahap pembebasan lahan, pada proyek ini pemerintah tidak lagi perlu pusing tujuh keliling.

Pasalnya Pemprov Sumsel sudah menyiapkan lahan dengan luas ratusan hektar demi membangun mega proyek senilai Rp2,4 triliun tersebut.

Baca Juga: Sepanjang 2.816 KM Jalan Tol Telah Beroperasi di Indonesia, JTTS Berhasil Membuntuti Trans Jawa: Masih Kalah Berapa KM? 

Lokasi dibangunnya Pelabuhan Baru ada di Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan.

Dipilihnya lokasi tersebut untuk membangun Pelabuhan Tanjung Carat karena sudah lolos 3 (tiga) kriteria kelayakan.

Pertama, memiliki kedalaman air yang cukup yaitu 12-18 meter sehingga bisa disinggahi kapal-kapal berukuran besar.

Baca Juga: 5 Provinsi Sumatera Ini Jadi Incaran Turis Mancanegara! Rupanya Wisata Kuliner dan Alam Jadi Daya Tarik, Kok Sumbar Enggak Nomor 1? 

Kedua, lokasi daerahnya terjangkau. Pelabuhan Tanjung Carat berjarak sekitar 90 km dari Kota Palembang.

Lokasinya juga dapat diakses melalui jalan tol yang terkoneksi dengan jalan tol Trans Sumatera (JTTS).

Ketiga, ketersedian tanah/lahan, sehingga sudah siap untuk dilakukan pembangunan pelabuhan.

Baca Juga: Dibuka Gratis Bersamaan pada November 2023, Tol Indrapura-Lima Puluh Kini Tak Lagi Gratis: Tol Tebing Tinggi-Indrapura Kapan Mulai Dikenakan Tarif?

Pembanguan Pelabuhan Baru di Palembang juga dianggap memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kegiatan perdagangan di Provinsi Sumatera Selatan.

Pasalnya, Sumsel dikenal memiliki komoditi unggulan seperti batu bara, curah cair, karet, dan pupuk, dan sebagainya, sehingga akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Sumsel dan sekitarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat