bdadinfo.com

Mantap! Rela Gelontorkan Dana Rp2,2 Triliun Demi Kendalikan Banjir Bakal Jadi Multifungsi, Tapi Kabupaten Ini... - News

Bendungan Karian, Jabar (Pexels)

- Proyek strategis nasional (PSN) saat ini masih terus berlangsung dan sebagian telah diresmikan oleh Presiden Jokowi termasuk Bendungan Terbesar. 

Bangunan dari Bendungan terbesar yang dinamakan dengan "Bendungan Karian" tersebut akan menjadi Bendungan terbesar sekaligus multifungsi di Jawa Barat. 

Hadirnya Bendungan yang memiliki potensi sebagai tujuan wisata air di Kabupaten Lebak dan pembangkit energi Listrik sebesar 1,8 MegaWatt untuk 10.000 Kepala Keluarga. 

Baca Juga: Musrenbang RKPD 2025, Wako Padang Hendri Septa: Harus Mampu Menjawab Permasalahan dan Isu Pembangunan

Dengan 10.000 Kepala Keluarga yang berada di 40 desa atau 4 kecamatan di sekitar bendungan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). 

Sebabnya, Bendungan Karian yang akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Hasil dari pendapatan asli daerah untuk menumbukan para pelaku usaha di sekitar bendungan dengan membuka usaha jasa seperti transportasi, kuliner penginapan, kerajinan dan lainnya.

Baca Juga: Ciptakan Suasana Kondusif Selama Ramadan, Wako Padang Hendri Septa Teken Pernyataan Sikap Bersama

Menurut laman resmi BPS Banten 2022 menyatakan bahwa untuk Kabupaten Lebak yang berpenduduk 27 juta jiwa dengan hadirnya Bendungan yang strategis bisa menyerap tenaga kerja. 

Setidaknya Bendungan Karian yang strategis dapat menyerap tenaga kerja yang mampu mengurangi angka kemiskinan sebanyak 2,17 persen. 

Bendungan yang dibangun terletak di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. 

Baca Juga: Jumling di Masjid Al Aqsha Perumahan Lubuk Gading IV, Wako Padang Hendri Septa Serap Aspirasi Masyarakat

Provinsi Banten yang akan menjadi waduk terbesar ketiga setelah Waduk Jatiluhur dan Jatigede. 

Waduk Jatiluhur dan Waduk Jatigede yang akan menyuplai kebutuhan air untuk kebutuhan rumah tangga, perkotaan dan industri di 9 Kota atau Kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat