bdadinfo.com

Kejutan Besar dari Menteri PUPR! Semakin Panjang Ruas Jalan Tol Baru di Jawa Barat Bakal Hubungkan 3 Provinsi Sekaligus, Konstruksi Juli 2024? - News

Jalan Tol Cigatas, Jawa Barat (Freepik)

- Kementerian PUPR masih terus mengerjakan pembangunan proyek strategis nasional hingga saat ini termasuk Jalan Tol baru di Jawa Barat.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR mengatakan bahwa pihaknya akan membangun Jalan Tol baru Cigatas di Jawa Barat.

Pembangunan Jalan Tol Cigatas yang akan menghubungkan wilayah Bandung, Garut, dan Tasikmalaya ini dipastikan akan mulai dibangun pada 2024 ini.

Baca Juga: Ambruk 2021, Akhirnya Jembatan Terpanjang di Aceh Utara Kembali Dinyatakan Rampung 2024!

Rencana pembangunan Jalan Tol Cigatas adalah bagian dari segmen rute Tol Getaci sesuai dengan kesepakatan dari Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin.

Basuki juga menyatakan bahwa secepatnya lakukan setelah proses lelang dan pemenang tender proyek tol penghubung Bandung - Tasikmalaya ini resmi ditetapkan. 

Perihal pembangunan Jalan Tol Cileunyi - Garut - Tasikmalaya (Cigatas) telah dikatakan oleh Basuki bahwa pihaknya dan Pemprov Jabar sepakat untuk mempercepat sejumlah infrastruktur di Jawa Barat.

Baca Juga: Musrenbang RKPD 2025, Wako Padang Hendri Septa: Harus Mampu Menjawab Permasalahan dan Isu Pembangunan

Usut punya usut, ternyata Jalan Tol baru ini sebenarnya telah ada dulunya karena sempat mangkrak selama hampir 17 tahun sering ditunda progres pembangunan tersebut. 

" Segera memproses pembangunan Tol yang telah "mangkrak" hampir 17 tahun tersebut dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). "Kita lelangkan segera," ucap Basuki. 

Dilanjut dengan perkataan “Setelah lebaran, April pertengahan akan dilelang. Kalau lelang itu dua bulan berarti Mei-Juni,"

Baca Juga: Ciptakan Suasana Kondusif Selama Ramadan, Wako Padang Hendri Septa Teken Pernyataan Sikap Bersama

"Juli bisa ada pemenangnya. Dengan ada pemenangnya, segera kita laksanakan konstruksinya," ucap dia usai rapat dengan Bey Machmudin di Kantor Kementerian PUPR, pada Rabu 28 Februari 2024.

PUPR juga menargetkan pemenang lelang Tol Cigatas diumumkan pada Juli 2024 agar proses pembangunan jalan tol tersebut bisa segera dilaksanakan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat