bdadinfo.com

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Japek Tewaskan Belasan Orang, Dirjen Perhubungan Darat Imbau Pemudik Istirahat Setiap 4 Jam - News

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Japek Tewaskan Belasan Orang (humas.polri.go.id)

Kecelakaan maut yang terjadi di KM 58 + 600 arah Jakarta ruas Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada Senin, 8 April 2024, telah memakan belasan korban jiwa.

Kecelakaan maut ini bermula saat sebuah mobil Grandmax melaju dari arah Jakarta melalui jalur contraflow di Tol Cikampek KM 58. Mobil itu kemudian oleng dan menabrak bus arah Bandung-Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, turut menyampaikan bela sungkawa atas kecelakaan maut tersebut.

Baca Juga: Keputusan Zara Anak Ridwan Kamil Lepas Hijab Tuai Kritikan, Potret Rambut Blonde Jadi Sorotan, Netizen: Gak Kuat Mau Liatin Blonde Hair Ternyata

“Kami turut prihatin atas kejadian kecelakaan ini hingga menimbulkan korban jiwa. Saat ini Ditjen Hubdat telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk terus melakukan investigasi mendalam terkait kecelakaan tersebut,” terang Hendro Sugiatno, dilansir dari hubdat.dephub.go.id.

Menurut Hendro Sugiatno, kecelakaan itu diduga terjadi karena pengemudi Daihatsu Grandmax kelelahan sehingga mobilnya keluar jalur.

“Namun diduga ada faktor kelelahan pengemudi Daihatsu Grandmax sehingga mobil keluar ke jalur yang mengarah ke Jakarta,” terangnya.

Baca Juga: 5 Masjid Tercantik di Sumatera Barat Ini Cocok untuk Rayakan Lebaran Idul Fitri 2024: Ada yang Diresmikan Langsung oleh Imam Masjidil Haram Mekkah!

Oleh sebab itu, Hendro Sugiatno mengimbau pemudik untuk istirahat saat merasa mengantuk atau kelelahan.

Ia menyarankan pengemudi untuk beristirahat setelah 4 jam mengemudi.

“Mengingat padatnya kondisi lalu lintas sehingga menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik maka diharapkan untuk utamakan waktu beristirahat. Setiap mengemudi selama 4 jam berturut-turut dianjurkan untuk istirahat selama 30 menit,” jelas Hendro Sugiatno.

Baca Juga: Seluas 12.160 Hektare! Progres Konstruksi Pembangunan Bendungan Terbesar di Kabupaten Trenggalek, Mampu Atasi Ketahanan pangan?

Tak hanya itu, Hendro Sugiatno juga mengimbau agar pemudik merencanakan waktu perjalanan sebaik mungkin dan mendapat istirahat yang cukup sebelum berangkat.

“Para pemudik bisa memilih berangkat di waktu-waktu yang tidak rentan untuk mengantuk dan upayakan tidur cukup sebelum mengemudi,” ujar Hendro Sugiatno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat