bdadinfo.com

Meski Wilayahnya Hanya Tergilas 10 KM, Riau Komitmen Bangun Tol Pekanbaru-Padang Seksi 4 Pangkalan-Payakumbuh Agar Segera Terwujud  - News

Meski Wilayahnya Hanya Tergilas 10 KM, Riau Komitmen Bangun Tol Pekanbaru-Padang Seksi 4 Pangkalan-Payakumbuh Agar Segera Terwujud  (bpjt.pu.go.id)

– Pemerintah Provinsi Riau saat ini tak hanya disibukkan dengan pembangunan jalan tol yang sebagian besar ada di wilayahnya.

Saat ini, Pemprov Riau juga sedang gencar membahas kelanjutan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang Seksi 4 Pangkalan-Payakumbuh agar segera terwujud.

Kendati lahan hanya tergilas 10 km dan sisanya menyasar lahan di Sumatera Barat (Sumbar), tetapi Pemprov Riau membuktikan komitmennya dalam mengupayakan konstruksinya.

Baca Juga: Konstruksi Jalan Tol Padang Pekanbaru Ada yang Lagi Kebut-kebutan di 2024, Ditargetkan Rampung dengan Selisih 3 Bulan: Duluan Sumbar atau Riau?

Pada awal Februari 2024 kemarin, Riau menerima audiensi dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Riau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Ruang Rapat Kantor Gubernur.

Dalam audiensi tersebut membahas mengenai permohonnan dukungan Pemprov Riau atas kegiatan Survei Land Acquisition dan Resetlement Action Plan (LARAP) atau Rencana Aksi Pembebasan Lahan dan Pemukiman Kembali terkait pembangunan jalan tol Payakumbuh-Pangkalan di Provinsi Riau.

Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan (KPIJ) BPJN Riau, Darmawi, mengatakan bahwa pihaknya meminta dukung dan support dari Pemprov Riau dalam kaitannya dengan rencana pembangunan tol Pekanbaru-Padang yang akan segera dilaksanakan.

Baca Juga: Bukan Angan-angan Belaka! Warga Riau Bisa Mudik Lebaran Gratis Lewat Tol Bangkinang – Koto Kampar, Mulai Fungsional 5 April 2024

Untuk informasi, mega proyek jalan tol ini rencananya akan memiliki panjang lintasan mencapai 32 km.

Pembangunannya dimulai dari Kecamatan Harau hingga ke Pangkalan yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar.

Nantinya, setelah pembangunan di Harau maka jalan tol tersebut akan melewati Riau.

Baca Juga: Demi Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 Fungsional April 2024, Pembebasan Lahan di Kabupaten Koto Kampar Dipercepat Riau

Khususnya menggilas lahan yang ada di Kabupaten Kampar sepanjang 10 km.

Setelah melewati wilayah Riau, pembangunan akan terus dilanjutkan menuju ke arah Sumbar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat