bdadinfo.com

ASN Bersiap Pindah ke Ibukota Nusantara Mulai Juli 2024: Rencana Pemindahan Bertahap Hingga 2029 - News

Rencana pemindahan ASN ke Ibukota Nusantara (IKN) dimulai Juli 2024 dengan 32.937 ASN secara bertahap pindah hingga 2029, prioritas utama termasuk ASN pertahanan, ASN muda, dan ASN dengan kemampuan digital, mendapatkan unit apartemen dengan fasilitas lengkap, mendukung kemajuan infrastruktur negara.

- Sebelumnya, dikabarkan bahwa Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, akan pindah ke Ibukota Nusantara (IKN) pada Juli 2024 mendatang.

Kini, giliran ASN (Aparatur Sipil Negara) yang juga dijadwalkan akan segera pindah ke IKN. 

Hal ini diumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas.

Dia menyebut bahwa sebagian menteri akan memulai kepindahannya ke IKN mulai bulan Juli 2024.

Kabar kepindahan Menteri PUPR, Basuki, menandai pelaksanaan rencana ini, sementara pemindahan ASN ke IKN direncanakan dimulai pada September 2024 dan akan berlangsung bertahap hingga 2029. 

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Terima Dividen Tahun Buku 2023 dari Bank Nagari

Total 32.937 ASN direncanakan akan pindah ke IKN secara bertahap, dengan tahap pertama melibatkan 38 Kementerian atau lembaga dengan 179 unit Eselon 1, sebanyak 11.916 ASN akan dipindahkan pada tahap ini.

Pada tahap kedua, 29 Kementerian atau lembaga dengan 91 unit Eselon 1 akan terlibat, dengan 6.774 ASN yang akan dipindahkan. 

Terakhir, pada tahap tiga, 59 Kementerian atau lembaga dengan 378 unit Eselon 1 akan terlibat, dengan 14.237 ASN yang dipindahkan. 

Seperti yang dikutip dari YouTube Top Konstruksi, prioritas utama untuk kepindahan ASN ke IKN termasuk ASN pertahanan dan keamanan, ASN muda, dan ASN dengan kemampuan digital.

ASN yang pindah ke IKN akan mendapatkan unit apartemen, dengan yang belum berkeluarga akan berbagi apartemen dengan ASN lainnya, sementara yang sudah berkeluarga akan mendapatkan unit apartemen sendiri. 

Baca Juga: Pemkab Pesisir Selatan Usulkan Penguasaan Tanah Dalam Rangka Penataan Kawasan Hutan

Apartemen ASN memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk ruang tamu yang luas dan dapur yang sudah dilengkapi dengan perabotan. 

Perabotan ini baru akan diisi setelah 17 Agustus 2024 karena apartemen akan digunakan untuk keperluan upacara pada tanggal tersebut.

Sispro.co.id, sebagai portal web database rantai pasok konstruksi pertama di Indonesia, telah menjadi referensi utama bagi kontraktor dan stakeholder lainnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat