bdadinfo.com

Waduh! Pulau Terbesar Kedua RI Masih Punya PR, 5 Bendungan di Pulau Sumatera ini Harus Selesai di Akhir Masa Jabatan Jokowi - News

Ilustrasi Lima Bendungan di Pulau Sumatera akan selesai tahun 2024 di akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo  (Pixabay.com )

- Di penghujung masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), masih menyisakan pengerjaan proyek bendungan di Pulau Sumatera. 

Berdasarkan postingan Instagram Kementerian PUPR pada 27 April 2024 lalu, setidaknya ada lima proyek bendungan di Pulau Sumatera yang ditargetkan selesai pada 2024 ini.

Jumlah tersebut termasuk dalam dari jumlah total 18 bendungan yang ditargetkan selesai di akhir masa-masa kepresidenan Jokowi. 

Baca Juga: Pantes Warung Madura Berjaya! Inilah Jurus Jitu Warung Madura Mampu Singkirkan Raksasa Minimarket Seperti Indomaret dan Alfamaret Sampai Ketakutan

Selama masa pemerintahan Presiden Jokowi, ada 61 bendungan yang dibangun di seluruh Indonesia, 43 diantaranya telah selesai.

Bendungan-bendungan yang ditargetkan rampung di tahun 2024 di Pulau Sumatera diantaranya:

1. Bendungan Keureuto di Aceh

Baca Juga: Isyak Mayrobi Lantik Pengurus DPD ISSITA Jakarta, Disaksikan Sandiaga Uno dan AM Hendropriyono

Bendungan yang mulai dibangun pada tahun 2015 ini terletak di Gampong Blang Pante, Paya Bakong, Aceh Utara.

Memiliki luas genangan yang mencapai 896,38 hektar dan kapasitas tampung 215,94 juta meter kubik, dibangun sebagai bendungan multi fungsi.

Sungai Kreung Keureuto di Kabupaten Aceh Utara merupakan penyebab utama banjir yang terjadi di Kota Lhoksukon dan sekitarnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Angkat AM Hendropriyono sebagai Ketua Dewan Kehormatan Asosiasi Pariwisata Olahraga dan Minat Khusus ISSITA

Bendungan Keureuto dirancang untuk mengendali banjir dengan dibangun tampungan khusus banjir sekitar 30,39 juta meter kubik atau 501,49 meter kubik per detik.

Bendungan Keureuto juga digunakan untuk menyediakan air irigasi di Daerah Irigasi (DI) Alue Ubay dan DI Pasee Kanan yang mencapai 9.420 hektar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat