bdadinfo.com

Beda dari yang Lain! Tak Cuma Dibangun Megah dengan Biaya Rp875 Miliar, Bendungan Ini Ternyata Memiliki Posisi Geografis yang Unik - News

Proyek pembangunan Bendungan Meninting, Nusa Tenggara Barat (hutamakarya.com)

- Demi mendukung ketahanan pangan, pemerintah gencar merealisasikan pembangunan bendungan di beberapa wilayah di Indonesia.

Tak terkecuali bendungan yang berlokasi di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat ini yang telah menghabiskan biaya fantastis.

Sekiranya biaya sebesar Rp875,24 miliar telah dihabiskan untuk membangun proyek bendungan yang dinamai dengan Bendungan Meninting ini.

Baca Juga: Heboh! Laporan Netizen Mengenai Mahasiswa “Hedon” Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Bendungan Meninting ini sendiri dibangun di atas lahan seluas 50 hektar dan diperkirakan akan rampung di tahun 2024.

Dimulainya pembangunan bendungan ini sejak tahun 2019 lalu hingga akhirnya menuai progres sebesar 79 persen pada bulan Maret 2024.

Bendungan senilai Rp875,24 miliar ini berpotensi memberikan manfaat yang beragam bagi daerah yang dilaluinya.

Baca Juga: Dukung Peningkatan Aksesibilitas, Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Dareh di Provinsi NTB

Bendungan Meninting dapat mengairi daerah irigasi seluas 1.559,29 hektar serta memberikan kecukupan air baku bagi masyarakat Lombok Barat utar.

Potensi sebagai pembangkit listrik juga ditawarkan dengan adanya bendungan ini yaitu sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) sebesar 2 x 0,4 megawatt.

Ada keunikan tersendiri pada proyek Bendungan Meninting ini yaitu dari sisi posisi geografis.

Baca Juga: Sambut PON Aceh-Sumut 2024, Pembangunan Stadion Utama Sumut Sport Center di Sumatera Utara Dipercepat

Pasalnya Bendungan Meninting berada pada posisi geografis dimana pada bagian utara terdapat perbukitan hijau sementara di bagian selatan berbatasan langsung dengan Kota Mataram.

Posisi geografis ini menjadikan Bendungan Meninting memiliki pemandangan yang indah sehingga berpotensi menjadi objek pariwisata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat