bdadinfo.com

Kabupaten Balikpapan Cerdas! Demi Atasi Kemacetan Panjang dan Sangat Parah Pasca Penetapan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Akhirnya Bangun Ini - News

Jalan Raya IKN, Kaltim (Freepik)

- Selain membangun proyek strategis nasional Jalan Tol IKN pertama di Kab. Penajam Paser Utara namun juga membangun jalan baru. 

Kota Balikpapan bergerak cepat dalam mengatasi kemacetan yang semakin parah akibat tingginya migrasi pasca ditetapkan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.  

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, mengakui bahwa tingginya pertumbuhan penduduk di wilayahnya.

Baca Juga: JTTS Memalukan Bikin Lampung Berduka Cita! Proyek Jalan Tol Lampung Aceh Dicoret dari PSN, Menunggu Prabowo Naik Singgasana Barunya 

Akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk di wilayahnya berdampak pada peningkatan volume kendaraan dan kemacetan di berbagai ruas jalan tersebut.

"Pertumbuhan penduduk yang luar biasa ini kita rasakan semua," ujar Rahmad.

Dengan demikian, Pemkot Balikpapan tidak tinggal diam sehingga sejumlah infrastruktur telah rampung meliputi proyek Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal yakni Jalan MT Haryono.

Baca Juga: IKN Membara! Jalan Tol Balikpapan-Ibu Kota Nusantara Super Canggih di Dunia: Ngecas Sambil Melintas, Bisa Didarati Pesawat Sampai Koridor Satwa

Pemkot Balikpapan juga merampungkan proyek di Tanjakan Global dan membuka Jalan Mukmin Faisyal .

Serta Jalan Transad KM 8 Balikpapan Timur - KM 23 Balikpapan Utara.

"Alhamdulillah untuk Jalan MT Haryono sudah selesai, tidak macet lagi di sana," ujar Rahmad.

"Pembukaan jalan-jalan ini memberikan alternatif bagi pengendara sehingga dapat mengurai kemacetan," tambahnya.

Baca Juga: Jalur Padang-Bukittinggi Via Lembah Anai Putus Total, Masyarakat Diimbau Cari Rute Alternatif

Adapun upaya Pemkot Balikpapan tidak berhenti sampai di situ melainkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat