bdadinfo.com

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Terus Berjalan, Kementerian PUPR Janji Bisa Menjadi Solusi di Wilayah Pantura - News

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak terus berjalan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) secara intensif berupaya untuk mempercepat dan menyelesaikan sejumlah konstruksi jalan tol di berbagai daerah guna mendorong dan meningkatkan konektivitas antar daerah dan provinsi.

Salah satu dari sekian banyak jalan tol tersebut, Jalan Tol Semarang-Demak sepanjang 26,84 km di Semarang, Jawa Tengah juga sedang dalam proses pengerjaan yang intensif.

Percepatan pengerjaan Jalan Tol Semarang-Demak terus dilakukan sebagai perwujudan konkret dari Proyek Strategi Nasional yang direncanakan untuk menambah kapasitas ruas komplementer dari Jalan Nasional Pantura Jawa, yang menghubungkan Semarang - Demak - Gresik - Surabaya.

Baca Juga: Wow! Persaingan Sengit Martin-Marquez-Bagnaia dalam MotoGP Prancis 2024 Berakhir dengan Kejadian Ini!

Hal di atas juga didukung oleh pernyataan dari Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, yang mengatakan jika.

"Jalan Tol Semarang-Demak ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Selain itu, pemerintah juga menyadari jika jalur logistik di Utara Jawa memiliki peran dan fungsi yang sangat vital," ujar Endra S. Atmawidjaja.

"Oleh karena itu penyelesaian ruas Tol Semarang-Demak akan dipercepat karena sudah ditunggu oleh masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Beroperasi Juli Tahun 2024, DPRD Sumatera Barat Berikan Tanggapan

Selain memegang peranan penting sebagai salah satu akses jalur logistik, Jalan Tol Semarang-Demak ini juga menjadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Pantura Jawa yang sering mengalami kemacetan.

Kemudian, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk proyek ini adalah PT. PP Semarang Demak (PPSD) yang menggunakan skema SBO-T (Supported, Build, Operate, and Transfer).

Sehingga pada proyek ini ruas jalan Sayung-Demak sepanjang 16,31 merupakan perwujudan porsi investasi milik BUJT yang telah beroperasi sejak 25 Februari 2023.

Baca Juga: Masuki Pertengahan Tahun 2024, Proyek Jalan Tol di Sumatera Barat Makin Bertambah Panjang: Pertanahan Sumbar Terus Lobby Pemilik Lahan

Sedangkan, untuk porsi Pemerintahan tiga paket yang dibagi menjadi, kontraktor pelaksana Paket 1A dari proyek Jalan Tol Semarang-Demak ini adalah Hutama Karya (HK) dan Beijing Urban Construction Group (BUCG).

Untuk Paket 1B adalah Pembangunan Perumahan (PP), Wijaya Karya (WIKA) dan China Road and Bridge Corporation (CRBC).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat