bdadinfo.com

Jokowi Resmikan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar dan Inpres Jalan Daerah di Riau: Infrastruktur Megah Bernilai Rp4,8 Triliun yang Hubungkan Pekanbaru - News

Infrastruktur Megah Bernilai Rp4,8 Triliun yang Menghubungkan Pekanbaru dan Padang Lauik merupakan sebuah flyover yang berada di Jalan Padang–Solok tepatnya di Lubuk Kilangan Kota Padang, Sumatera Barat.

- Pada Jumat, 31 Mei 2024, Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar di Gerbang Tol XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Peresmian ini menandai selesainya pembangunan infrastruktur strategis yang dimulai sejak 2019 dengan anggaran sebesar Rp4,8 triliun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar! Infrastruktur Megah Senilai Rp 4,8T yang Akan Mengubah Wajah Perekonomian Riau

“Alhamdulillah, hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap satu yaitu Bangkinang-Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km yang kita bangun sejak tahun 2019 hingga 2024. Kini, jalan tol ini telah selesai dan bisa digunakan,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi menekankan bahwa jalan tol yang diresmikan ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera, yang diharapkan akan terus berlanjut hingga seluruh ruas tersambung dari Pekanbaru ke Padang.

“Ini adalah sirip dari tol Trans-Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung dan nanti akan sampai di Pekanbaru sampai ke Kota Padang,” imbuhnya.

Baca Juga: Gak Habis Pikir! Daerah Terpencil di Jawa Barat Milki Tambang Harta Seluas Hampir 4 Hektar Sejak Jaman Belanda, Jadi Mangsa Langganan Monster-Monster

Selain meresmikan jalan tol, Presiden Jokowi juga meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau.

Inpres ini mencakup pembangunan dan perbaikan 10 ruas jalan dengan total panjang 63 km dan biaya Rp369 miliar.

Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur daerah dan mempercepat mobilitas barang dan orang.

Presiden Jokowi berpesan kepada para kepala daerah, termasuk Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, untuk memastikan bahwa infrastruktur yang baru dibangun diintegrasikan dengan kawasan produktif seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

Baca Juga: Breaking News! Jokowi Rela Terbang ke Riau Resmikan Mega Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang dan Revolusi Air Limbah, Transformasi Besar-Besaran

“Sehingga betul-betul riil ada manfaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah, dan juga mobilitas orang serta barang itu betul-betul bisa lebih cepat lagi sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” jelas Presiden.

Dengan peresmian ini, Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar resmi dibuka untuk umum, menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan daya saing nasional melalui pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi serta memperlancar konektivitas masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat