bdadinfo.com

Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Resmi Beroperasi Gratis, HK Pastikan Tol Terbaru Riau ini Aman Dilalui: Ngebut sampai 80 Km/jam Boleh Banget! - News

Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar di Provinsi Riau kini secara resmi telah beroperasi gratis. Hutama karya (HK) memastikan, tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini aman dilintasi masyarakat. (Dok: Media Center Riau)

- Provinsi Riau baru saja meresmikan salah satu jalan tol terbarunya yang juga merupakan bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Adapun seksi jalan tol terbaru Provinsi Riau tersebut telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang datang khusus ke Bumi Lancang Kuning.

Jalan tol terbaru Provinsi Riau rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera tersebut adalah Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar.

Baca Juga: Benar-benar Anak Emas Jokowi! 8 Wilayah di Provinsi Riau ini Dapat Dana Ratusan Miliar dari Pemerintah Pusat: Mau Dipakai Apa Uangnya?

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini kini telah beroperasi secara penuh dan dapat dilalui secara gratis oleh masyarakat.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, bahwa Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini dioperasikan tanpa tarif alias gratis. 

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini pun dibuka perdana pada Jumat, 31 mei 2024 tepat pukul 15.00 WIB. 

Baca Juga: Asyik! Dari Pekanbaru ke Candi Muara Takus Atau ke Sumatera Barat Sekarang Bisa Cuma Dalam 90 Menitan dan Gratis: Begini Caranya

Dijelaskan Budi, dari sisi fasilitas struktur, Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, diantaranya:

8 (delapan) unit jembatan, 1 (satu) interchange, 9 (sembilan) box pedestrian + box culvert, 3 (tiga) overpass, dan 2 (dua) gerbang tol.

Sementara, jumlah lajur pada tahap awal 2x2. Dengan kecepatan rencana adalah 80 km/jam. Jarak tempuh ini dapat mengefisiensikan perjalanan dari berbagai daerah menjadi jauh lebih cepat.

Baca Juga: Kalah Telak! Jalan Tol di Riau Panjangnya Sudah Hampir 200 Km: Sumatera Barat Tertinggal Jauh, Tol 36 Km saja Belum Selesai

Sebagai contoh, perjalanan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam kini menjadi 20 - 30 menit saja. 

Sementara, perjalanan dari Pekanbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Riau ke Koto Kampar dari yang semula 3 Jam sekarang bisa dijangkau hanya dalam 1,5 jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat