bdadinfo.com

Makin Diluar Nalar! Kabupaten Barito Kuala Dipastikan Konstruksi Proyek JDU Beroperasi Penuh di Kalsel Demi Dongkrak Sumber Air Minum Berkualitas - News

Progres Proyek JDU, Kalsel  (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis di Kalimantan Selatan masih terus digalakkan oleh Pemerintah setempat termasuk progres konstruksi proyek JDU. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengumumkan telah menyelesaikan pengembangan Jaringan Distribusi Utama (JDU). 

Disebut juga dengan pipa air dari Kecamatan Kurau ke Desa Tabanio Kabupaten Tanah Laut pada akhir tahun 2023. 

Baca Juga: Kontraknya Kembali Diperpanjang oleh Red Bull, Seperti Ini Ungkapan Kebahagiaan Sergio Perez

Menurut Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum, Angga Rinaldi Rizal terkait penanganan pipa air baru. 

Pipa air baru yang diharapkan dapat meningkatkan suplai air bersih di wilayah tersebut dan menciptakan ketersediaan air lebih optimal. 

Dalam kontrak yang telah selesai, pemasangan pipa air sepanjang 17km dimulai dari booster Kurau menuju riser power pipa Tabanio. 

Baca Juga: Jawab Pandangan Umum Fraksi, Wali Kota Bukittinggi Tegaskan Kesesuaian Ranperda RPJPD dengan Kebijakan Nasional

Riser power pipa Tabanio dengan kapasitas 1.000 meter kubik dan telan biaya anggaran sebesar Rp38 miliar lebih pada 15 Desember 2023. 

Pembangunan JDU pada tahun 2024 menghubungkan daerah kabupaten Barito Kuala dengan panjang pengerjaan 17km.

Dimulai dari booster sungai pinang menuju tamban, dengan pipa hdpe 315 mm hingga dengan Desa Tinggiran Baru.

Baca Juga: Konstruksi JTTS Tahap I Sisakan 8 Ruas Ini! Selain di Sumatera Barat, Berikut Tol Lainnya yang Masih Belum Kelar Juga: Butuh Suntikan Dana Lagi? 

Selanjutnya pembuatan riser power dan pengelolaan air 20 liter per detik. 

“Jadi tahun ini kita fokus di Kabupaten Batola untuk pembangunan JDU untuk penyediaan air bersih. Anggaran yang kita gelontarkan menggunakan dua pendaan yaitu DAK,” 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat