bdadinfo.com

Sulit Ditebak! Agustus Makin Dekat, Konstruksi Jalan Tol Pertama dan Terpanjang di Kabupaten Penajam Paser dari Balikpapan Seksi 1B Hampir Tuntas - News

Progres Proyek Jalan TOl IKN (Freepik)

- Progres konstruksi mega proyek Jalan Tol IKN di Kalimantan Timur terkait Segmen 1B Bandara Sepinggan – Tol Balsam sedang tahap pelelangan. 

Jalan tol yang akan menghubungkan dan menjadi jalur utama ke pintu gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN) ini masih terus digarap oleh pemerintah RI. 

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yudha Mediawan dalam konstruksi pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 1B Bandara Sepinggan akan gunakan produk lokal. 

Memasuki tahap 1B sudah mencapai 62,65 persen dan semua kegiatan masih terjaga dari segi jadwal pelaksanaan atau (on schedule). 

Baca Juga: Siap Jadi Primadona! Menteri Perhubungan Kembali Tinjau Proyek Bandara IKN, Pastikan Pembangunan Berjalan Lancar

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan," 

"Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” ucap Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga.

Konektivitas, Danis menyatakan, kini sedang dirampungkan proyek Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca Juga: Gubernur Berharap Pengukuhan Kepala OJK Sumbar Makin Berdampak Positif bagi Perekonomian Daerah

Tahap awal, nantinya jalan tol yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda ini akan memotong waktu tempuh.

Dengan memotong waktu tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN yang sebelumnya dari dua jam menjadi kurang dari satu jam ditargetkan rampung pada Agustus 2024 mendatang.

Terlebih saat kunjungan kerja Jokowi sudah meninjau langsung progres proyek Jalan Tol yang bakal koneksikan Balikpapan ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Baca Juga: Hidup Segan Mati Tak Mau! Konstruksi 2 Rest Area Megah di Bengkulu Rampung Juni 2024, Tapi Jalan Tolnya Tetap Masih Paling Sepi Se-Sumatera Raya

Perihal kelanjutan pembangunan Jalan Tol IKN sudah memasuki tahap proses lelang pembangunan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat